Pembelajaran Bahasa Jepang Melalui Program Uki-Uki Nihongo Pada Kanal Youtube Japan Society Nyc

Damayanti, Anindita (2018) Pembelajaran Bahasa Jepang Melalui Program Uki-Uki Nihongo Pada Kanal Youtube Japan Society Nyc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk hidup manusia. Setiap manusia memerlukan pendidikan untuk bisa tumbuh dan berkembang. Namun untuk saat ini masih banyak yang menerapkan pendidikan konvensional yang untuk di masa ini sudah kurang relevan dengan era globalisasi. Saat ini sudah banyak metode pembelajaran mandiri yang lebih sesuai dengan keadaan zaman. Salah satu penyedia layanan pembelajaran mandiri, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jepang, adalah Program Uki-Uki Nihongo di Kanal Youtube Japan Society NYC yang menggunakan dua bahasa sebagai bahasa pengantarnya. Kendala yang dihadapi oleh para pengajar dan pembelajar dalam hal ini yaitu penggunaan bahasa dan latar budaya yang berbeda dapat mempengaruhi keefektifan dari pembelajaran bahasa Jepang pada Uki-Uki Nihongo itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman responden pengguna Program Uki-Uki Nihongo sebagai media pembelajaran bahasa Jepang dan untuk mengetahui pendapat pembelajar tentang pembelajaran kedwibahasaan menggunakan metode e-learning yang terdapat pada program Uki – Uki Nihongo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) dilihat dari hasil tes per episodenya, dapat disimpulkan bahwa responden memahami pembelajaran bahasa Jepang pada Uki-Uki Nihongo. 2) Pembelajaran melalui Uki-Uki Nihongo memiliki lima kelebihan dan lima kekurangan yang diketahui dari hasil angket dan ditambah data dari wawancara terhadap responden. Kelebihan yang paling menonjol adalah pembelajaran melalui Uki-Uki Nihongo ini dinilai sudah efektif dan efisien oleh responden. Sedangkan kekurangan yang paling menonjol adalah responden terkendala dengan bahasa pengantar yang menggunakan bahasa Inggris dikarenakan tidak semua responden sudah mahir dalam memahami penjelasan menggunakan bahasa Inggris.

Other obstract

教育は人生にとって重要なことです。すべての人間は、成長し発展するための教育が必要です。しかし、今のところ、グローバリゼーションの時代にはあまり関係のない従来の教育を使用する機関があります。今日は使用されているの自己学習方法がたくさんあります。ウキウキ日本語はバイリンガル学習の方法を提供するプログラムです。異なる言語と文化的環境の使用は教師や学習者が直面する制約です。これらの制約は日本語自体の学習の有効性に影響を与える可能性があります。 本研究の目的は日本語を学習するための回答者の理解を知ることである。もう一つの目標ウキウキ日本語プログラムにあるeラーニング法を用いて、バイリンガル学習に関する学習者の意見を見つけることです。この研究では、記述的な定性的な研究方法を用いている。 この研究の結果は: 1) エピソードごとのテスト結果から判断すると、回答者は日本語学習を理解できると結論付けることができる。2)アンケートとインタビューの結果から見た、この学習には5つの利点と5つの欠点があります。最も顕著な利点は、ウキウキ日本語を通じた学習がすでに効果的かつ効率的であることです。最も顕著な欠点は英語を使うことである。英語を使用すると、回答者は学習を理解することが困難になります。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/390/051807505
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Jepang, Uki-Uki Nihongo, Japan Society NYC
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Oct 2019 06:46
Last Modified: 01 Jul 2022 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166353
[thumbnail of Anindita Damayanti.pdf] Text
Anindita Damayanti.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item