Topeng Panji dan Dewi Sekartaji sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya String Art.

Afandi, Yusuf (2018) Topeng Panji dan Dewi Sekartaji sebagai Sumber Ide Penciptaan Karya String Art. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Topeng Malang merupakan warisan budaya yang memiliki kekhasan visual dan karakter dengan cerita Panjinya, salah satunya adalah topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. Hal tersebut tetap saja tidak menjadikannya primadona dikalangan masyarakat Malang. Fenomena tersebut penulis rasakan dalam kehidupan sehari-hari di daerah Malang Raya yang cenderung fokus pada pengembangan pariwisata alam, urban dan wahana. Berdasarkan fenomena tersebut penulis merasa prihatin dan memutuskan untuk mengambil topeng Malang sebagai ide dalam penciptaan karya seni. Topeng Malang yang berbentuk tiga dimensi, akan penulis representasikan menjadi wujud dua dimensi yaitu berupa karya string art. Melalui transformasi media, penulis mengubah visual topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji menjadi karya string art dua dimensi, sehingga topeng tersebut dapat direpresentasikan ulang dengan visual yang baru. Penulis juga menggunakan pendekatan indeksikal dari trikotomi semiotika menurut Charles Sanders Pierce sebagai pijakan dalam merepresentasikan karya. Hal tersebut dikarenakan penulis bertujuan untuk lebih mengenalkan topeng Malang kepada apresiator, sehingga harapannya ketika apresiator telah mengenal dengan baik topeng tersebut, maka meskipun hanya melihat sebagian potongan dari bentuk topeng, apresiator dapat mengidentifikasi objek apa yang dimaksud dari potongan tersebut. Hubungan indeksikal seperti itulah yang mendasari pembuatan karya penulis. Karya yang diciptakan menggunakan metode penciptaan dari L.H Chapman dengan tiga tahapan, yakni (inception of idea) atau menemukan gagasan. Tahap kedua adalah menyempurnakan, mengembangkan, dan memantapkan gagasan awal (elaboration and refinememnt), dan yang terakhir adalah tahap visualisasi ke dalam medium (heention in a medium). Penulis mentransformasikan topeng Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji menjadi tujuh buah karya string art dengan penggambaran setiap karya yang memberi penekanan pada bagian-bagian topeng. Karya-karya tersebut berjudul “Portait #1”, “Portrait #2”, “Portrait #3”, “Potrait #4”, “Portrait #5”, “Portrait #6”, dan “Portrait #7”.

English Abstract

Malang mask is a cultural heritage that has visual distinctiveness and character to the story of Panji, one of which is the Panji Asmorobangun and Dewi Sekartaji mask. But it still does not make society belle in Malang. A phenomenon that the author felt in Malang Raya, which is more focused on the development of nature tourism, urban and the spacecraft. Based on the phenomenon the author felt concerned and decided to take the Malangan mask as ideas in the creation of works of art. Malangan Mask shaped three-dimensional, the author's representation will be two dimensional form that is either a string art works. Through the transformation of the media, the author changed the visual Panji Asmorobangun and Dewi Sekartaji Mask into a two-dimensional work of art string, so that the mask can be represented again with a more visually unique, fresh and different. The author also uses the approach of indexical trichotomy semiotics, according to semiotics of Charles Sanders Pierce as a basic in the representation of the work. It caused the author wants to introduce more Malangan mask to apresiator, so the expectation when apresiator already know more, though only seen a portion of the shape of the mask, apresiator can identify the object what is the piece of. Indexical relationship as it is the basis of making the work of the author. Works created using the method of creation of L.H Chapman with three stages, i.e. find ideas, inspiration or revelation. The second stage is to refine, develop, and establish the idea of beginning and the last is the stage of visualization into a medium. Author transform Panji Asmorobangun and Dewi Sekartaji Mask be seven works of art with depictions string any works to emphasize the parts of the mask. The works entitled “Portait #1”, “ Portait #2”, “Portrait#3”, “ Portait #4”, “ Portait #5”, “Portrait #6” and “ Portait #7”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/359/051806742
Uncontrolled Keywords: topeng, Malang, Panji Asmorobangun, Dewi Sekartaji, string art-mask, Malang, Panji Asmorobangun, Dewi Sekartaji, string art
Subjects: 700 The Arts > 745 Decorative arts > 745.1 Antiques
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2019 06:54
Last Modified: 18 May 2022 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166333
[thumbnail of Yusuf Afandi.pdf] Text
Yusuf Afandi.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item