Efektivitas Metode Information Gap Terhadap Kemampuan Kaiwa Siswa Kelas Xi Ibb 1 Sma Negeri 1 Bangil Tahun Ajaran 2017/2018

Aprilina, Lia (2018) Efektivitas Metode Information Gap Terhadap Kemampuan Kaiwa Siswa Kelas Xi Ibb 1 Sma Negeri 1 Bangil Tahun Ajaran 2017/2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini, bahasa Jepang merupakan bahasa yang telah diajarkan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan formal. Bagi siswa yang mempelajari bahasa Jepang, sebagian besar mengatakan bahwa kesulitan yang banyak terjadi yaitu dalam berbicara atau dalam melafalkan kosakata-kosakata bahasa Jepang. Setiap guru harus mampu berperan sebagai pembimbing serta pengarah dalam mengajarkan bahasa kepada siswa. Oleh sebab itu, seorang guru juga harus mampu menggunakan serta menguasai lebih dari satu teknik dan metode pengajaran yang dapat diterapkan pada berbagai materi yang diajarkan. Berdasarkan hal tersebut penggunaan metode information gap dapat dijadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang siswa. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode information gap pada kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode information gap terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian static group comparison. Instrument yang digunakan adalah worksheet, angket, dan rubric penilaian kemampuan berbicara. Sampel yang digunakan pada penilitian ini adalah kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode information gap untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa terbukti efektif. Dibuktikan dengan hasil angket yang mencapai kriteria kuat yaitu sebesar 78%. Selain itu, kemampuan berbicara siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan metode information gap pada kelas eksperimen terbukti dari peningkatan rata-rata nilai pretest kemampuan berbicara dari 16.5 menjadi 21.9.

Other obstract

最近、日本語は教育、特に学校教育の世界で教えられてきた言語である。日本語を勉強する学生にとって、ほぼ話すことや語彙を発音することに多くの困難があると言った。教師はガイドとして行動し、学生に言語を教える際に指導するべきである。したがって、教師は、教える様々な教材に適用できる複数の手法と教授方法を使用し、習得することができなければなりらない。以前のことより、学生の日本語能力を向上させるための学習方法の1つとして、「情報ギャップ」法が利用できると考えられる。本研究では、「情報ギャップ」法を用いた学習の有効性が、学生の発言力にどのような影響しているかを調査した。本研究の目的は、学生の発言力に対して「情報ギャップ」法の学習の有効性を知るためである。 本研究は静的グループ比較研究デザインを用いた定量的アプローチによる実験的研究である。使用されるインストゥルメントは、ワークシート、アンケート、およびスピーチのルーブリックアセスメントである。本研究で使用したサンプルは、30人の実験クラスの学生と30人の制御クラスの学生である。 本研究の結果は、学生の会話力を向上させるために「情報ギャップ」法を用いることが効果的であることを示している。アンケート結果が78%の強い基準に達したことが証明した。加えて、プレテストの得点の平均が16.5から21.9に向上してから、実験クラスでの「情報ギャップ」法を使用後に学生の会話力が向上したことも分かった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/342/051806725
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Pembelajaran, Information Gap, Kemampuan Berbicara., bahasa Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2019 07:20
Last Modified: 20 Dec 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166325
[thumbnail of Lia Aprilina.pdf]
Preview
Text
Lia Aprilina.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item