komunikasi Partisipatif Dalam upaya Membangun Desa Wisata (Studi Deskriptif kualitatif terhadap Komunikasi antara Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Capung Alas dengan Masyarakat Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Syahida, Zealfi Aprilia (2018) komunikasi Partisipatif Dalam upaya Membangun Desa Wisata (Studi Deskriptif kualitatif terhadap Komunikasi antara Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Capung Alas dengan Masyarakat Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Pujon Kidul merupakan salah satu desa yang masuk dalam kategori desa tertinoual •di wilavah Kabupaten Malang. Hal ini disebabkan karena rendahnya tingkat perekonomian. rendahnya sumber daya manusia, minimnya sarana dan prasarana. serta aksesibilitas yang masih minim. Kondisi desa terfinggal ini memunculkan kegelisahan di antara sekelompok pemuda, sehingga mereka mulai tergerak untuk membenahi Desa Pujon Selanjumya, kelompok pemuda tersebut menamai dirinya sebagai Kelompok Sadar Wisata Capung. Alas. Mereka ingin membangun Desa Pujon Kidul menjadi desa wisata yang nantinya dapat memajukan desa. Namun dalam proses pembentukannya mengalami hambatan. Hal ini tidak menjadi penghambat bagi Kelompok Sadar Wisata Capung Alas untuk terus menerus mensosialisasikan gagasan desa wisata ke masyarakat disertai dengan nembuktian. Akhirnya masyarakat merasa antusias untuk berpartisipasi dalam mendukunt.,! program desa wisata. Partisipasi masyarakat merniliki peranan penting dalam proses pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat sendiri membutuhkan komunikasi partisipatif. di mana masyarakat diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat. Den` an adanya komunikasi partisipatif membuat Kelompok Sadar Wisata Capung Alas dapat melakukan aktifitas yang terencana berdasarkan proses partisipasi masyarakat, penoouriaan media dan dialog tatap muka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi partisipatif yang terjadi antara Kelompok Sadar Wisata Capung Alas dengan masyarakat dalam membangun Desa Wisata Pujon Kidul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara semi-terstruktur. observasi. dan dokumentasi dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan model analisis oleh Miles, Huberman dan Saldana (7014) yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu Kelompok Sadar Wisata Capung Alas memiliki perananpenting dalam pembangunan desa wisata. Selain itu, upaya komunikatif yang dilakukan Kelompok Sadar Wisata Capung Alas dalam merealisasikan gagasan desa wisata yaitu deng,an cara melakukan dialog dengan masyarakat di luar kelompok sadar dan melakukan dialog den9n pemerintah. Adapun media komunikasi yang digunakan Kelompok Sadar Wisata Capung Alas dent4an masyarakat dalam menyampaikan pesan melalui face to face dan whatshapp. komunikasi partisipatif masyarakat Desa Pujon Kidul diiunjukkan dalam partisipasi mereka di setiap kelompok kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata Capung, Alas. Hal ini juga berdampak terhadap peningkatan tam!' ekonomi_ kerukunan, sosial budaya masyarakat dan sumber lava manusia.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/42/051801300
Uncontrolled Keywords: komunikasi partisipatif, desa wisata, Kelompok sadar wisata capung alas
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:04
Last Modified: 06 Aug 2019 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166320
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item