Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Serial Drama Gomen Ne Seishun Karya Sutradara Daisuke Yamamuro

Lulusianto, Galih Fikri (2018) Gaya Kepemimpinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Serial Drama Gomen Ne Seishun Karya Sutradara Daisuke Yamamuro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam dunia pendidikan diperlukan gaya kepemimpinan guru dalam memimpin peserta didik. Karena dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru sebagai pendidik harus memiliki kemampuan dalam mengajar peserta didiknya, selain itu guru sebagai pemimpin di kelas bertanggung jawab untuk membimbing peserta didiknya mencapai tujuan bersama dalam rangka peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam serial drama Gomen Ne Seishun ada beberapa gaya kepemimpinan guru yang dilakukan Heisuke-sensei yang menjadi data temuan bagi penelitian ini. Penelitian ini meneliti tentang gaya kepemimpinan guru apa saja yang diterapkan Heisuke-sensei dan apa dampak gaya kepemimpinan Heisuke-sensei terhadap perkembangan karater siswanya. . Gaya kepemimpinan guru sendiri merupakan pola tingkah laku seorang guru dalam memimpin anggotanya karena penerapan gaya kepemimpinan yang tepat akan membentuk suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas menjadi lebih kondusif dan efektif. Menurut Syah (2006: 253) gaya kepemimpinan guru dalam proses belajar mengajar ada empat macam yaitu: 1. Otoriter, 2. Laissez faire, 3. Demokratis, 4. Otoritatif. Setiap gaya kepemimpinan guru yang diterapkan pasti akan memiliki dampak yang berbeda-beda dalam pembentukan karakter peserta didik. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti membuat rumusan masalah yaitu: (1)Bagaimana gaya kepemimpinan pendidikan yang diterapkan oleh Heisuke di kelas gabungan SMA Seishun?, dan (2)Bagaimana pengaruh dari gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Heisuke terhadap peserta didik di kelas gabungan SMA Seishun? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Keseluruhan data temuan berjumlah 24 data, diantaranya gaya kepemimpinan demokratis sebanyak 9 data, gaya kepemimpinan otoritatif 3 data, sementara gaya kepemimpinan Laissez faire dan otoriter tidak ditemukan. Setiap penerapan gaya kepemimpinan guru yang dilakukan Heisuke-sensei mampu membentuk karakter siswa SMA Seishun menjadi matang dan mampu bersaing di lingkungan masyarakat Jepang. Penulis menyarankan diadakannya penelitian lanjutan mengenai kajian psikologi pendidikan, yang mana pada serial drama Jepang ini terdapat banyak tekanan psikologi yang dihadapi para peserta didik.

Other obstract

教育界には生徒を指導する教師の必要なものはリーダシップスタイルである。授業では教師は教育家として生徒への教育の能力が必要だ。さらに、教師はクラス内のリーダーとしてより良い資質になるための生徒の夢を叶わせる責任がある。このドラマ「ごめんね青春!」には平助の教師のリーダーシップスタイルが様々なもので、本研究のデータになる。本研究では平助の教師のリーダーシップスタイルに対して生徒の素質づくりの関係 を研究した。 教師のリーダーシップスタイルというのはクラス内の教師の態度、性格、行動である。適当なリーダシップスタイルのためで授業やクラスの環境はより冷静的より効果的。Syah (2006: 253)は授業内で教師のリーダーシップスタイルを4つに分かれて、それは①専制型 (authoritarian)、②放任型 (laissez faire)、③民主型 (democrative)、④ Authoritativeを説明した。各応用された教師のリーダーシップスタイルは生徒の素質づくりに影響を与える。その理由から本研究の目的を2つに分かれて、その1つは、(1)聖鶴高校の共学クラスで平助はどの教師のリーダーシップスタイルを適用するのか、と(2)聖駿高校の共学クラスで平助の教師リーダシップスタイルは生徒に関してどう及ぼすのか。本研究は記述定性的研究である。 本研究の結果は合計24データを発見された。民主型リーダーシップスタイルは9データと専制型のリーダーシップスタイルは3データを発見された。しかし、放任型のリーダーシップスタイルとAuthoritativeは発見されない。各平助が応用された教師のリーダーシップスタイルは生徒の素質づくりに影響を与えた。生徒は考えは大人しく、日本の社会に自信を持つようになった。例のドラマでは生徒に心理的プレッシャーを表すため、次の研究は教育心理学的研究を薦める。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/364/051807479
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Guru, Pembentukan Karakter Siswa, drama Jepang
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 952 Japan
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:43
Last Modified: 05 Jul 2022 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166319
[thumbnail of Galih Fikri Lulusianto.pdf] Text
Galih Fikri Lulusianto.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item