Pengenalan Budaya Jepang Melalui Iki Japanese Restaurant

Indrawan, Ario Boodi (2018) Pengenalan Budaya Jepang Melalui Iki Japanese Restaurant. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama yang di butuhkan manusia, dan kebutuhan makanan ini tidak akan pernah berhenti sepanjang hidup manusia sehingga merupakan cikal bakal berdirinya usaha pelayanan dan penyediaan makanan. Salah satu bentuk dari penyediaan makanan ini adalah restoran. Restoran Jepang merupakan restoran yang khusus menjual makanan Jepang di Indonesia secara umum atau secara khusus di kota Malang. Makanan Jepang merupakan salah satu bentuk dari budaya Jepang yang dapat kita kenal, selain tradisi dan budaya Jepang lainnya yang masuk ke Indonesia mulai tahun 90-an. Makanan Jepang tersebut hanya dapat kita temui dengan mengunjungi restoran Jepang. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: 1) Bagaimana restoran Jepang bisa menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat kota Malang. 2) Apa saja budaya yang dipelajari oleh masyarakat kota Malang setelah mengunjungi restoran Jepang. Penulisan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Jenis dan bahan penelitian ini dipilih karena bertujuan untuk membuat deskripsi, memahami serta mengetahui bagaimana objek penelitian dapat memberikan data secara langsung dengan mengutamakan pendapat responden. Dari hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam pengenalan budaya Jepang kepada masyarakat kota Malang, terdapat faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi pendapat pengunjung restoran Jepang, yaitu: melalui makanan yang disediakan, pelayanan, cara penyediaan makanan dan penataan ruangan pada restoran tersebut. Dari faktor tersebut, masyarakat kota Malang dapat mempelajari budaya Jepang seperti tata ruangan dan tata cara penyajian makanan.

Other obstract

食事は人間の主要なニーズであり、この食事の必要条件は人間の生活を通して決して止まらないでしょう。ビジネスサービスの釈立と食事の提供の先駆者である。その一つはレストランである。日本食レストランはインドネシアでの一般的または定期的な日本食の販売を専門とするレストランがマラン市では特別である。日本食は文化のその一形態で、日本の伝統や文化に加えて、私たちが知ることができる日本はインドネシアで90年代から始まる。そのような日本の食べ物は日本食レストランを訪ねる。そのことから、この論文の問題:1)日本食レストランはどうやって日本文化を紹介される手段になるのか。2)日本食レストランを訪問した後マラン人が学ぶ日本文化は何ですかにする。 研究の形で質的研究のタイプを用いてこの論文を書く。説明的なこの研究の種類と材料は、説明や理解だけでなく、研究のどのように提供できるかを知ること回答者の意見を優先して直接的にデータを収集する。 研究の結果から、著者は、マラン市への日本文化の導入では、日本食レストラン訪問者の意見に影響を及ぼす要因は次の通りである。提供される食事、サービス、食事を提供する方法、及び手配レストランの部屋。これらの要因から、マラン市の人々はルームレイアウトや食べ物の提示などの日本文化を学ぶことができることが分かる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/214/051806506
Uncontrolled Keywords: Budaya, Restoran Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2019 01:47
Last Modified: 30 Aug 2019 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166272
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item