Berhenti Menjadi Fandom K-Pop (Life History Perubahan Kehidupan Seorang Mantan Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Fisip Universitas Brawijaya Kota Malang)

Dewi, Ihda Aina Ratna (2018) Berhenti Menjadi Fandom K-Pop (Life History Perubahan Kehidupan Seorang Mantan Penggemar K-Pop Pada Mahasiswa Fisip Universitas Brawijaya Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

K-Pop merupakan salah satu budaya populer yang berasal dari Korea Selatan. Seperti yang telah diketahui, keberadaan K-Pop telah berhasil menyebar ke seluruh negara termasuk Indonesia. Kemunculan K-Pop sendiri sangat cepat memikat hati para penggemarnya, sehingga tidak heran jika K-Pop memiliki banyak penggemar di berbagai negara. Banyak penggemar K-Pop yang akhirnya membentuk fandom sesuai dengan kesukaan atau idola masing-masing. Fandom sendiri dibentuk sebagai wadah atau sarana bagi para penggemar K-Pop yang memiliki ketertarikan atau minat yang sama. Kehidupan penggemar K-Pop sering menjadi sorotan dan pembahasan publik. Akan tetapi dibalik banyaknya penggemar K-Pop, ada pula yang menjadi mantan penggemar K-Pop. Penelitian ini membahas tentang kehidupan mantan penggemar K-Pop dengan menggunakan metode life history. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan kehidupan dan kebiasaan yang dilalami mantan penggemar K-Pop setelah memutuskan untuk berhenti dan meninggalkan K-Pop. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, perubahan kehidupan dan kebiasaan yang dilami oleh mantan penggemar K-Pop lebih disebabkan karena faktor lingkungan dan keluarga. Secara tidak langsung faktor tersebut mempengaruhi cara berfikirnya dalam menyikapi dan menanggapi K-Pop. Selain itu faktor tersebut juga memunculkan kesadaran pada dirinya untuk merubah kebiasaan-kebiasaan yang dianggapnya kurang baik dengan melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dan berguna bagi dirinya, lingkungan dan keluarganya.

English Abstract

K-Pop was one of the popular culture that came from South Korea. As already known, the existence of K-Pop has been successfully spread to all countries including Indonesia. The emergence of K-Pop itself very quickly captivate the fans, so do not be surprised if K-Pop has many fans in various countries. Many K-Pop fans eventually form a fandom according to their favorite or idol. Fandom itself was formed as a container or a means for K-Pop fans who have the same interests. The life of K-Pop fans is often being in the spotlight and public discussion. But behind the many fans of K-Pop, there were also former fans of K-Pop. This study discusses the life of former K-Pop fans by using life history method. The purpose of this study is to recognize the changes in life and habits experienced by K-Pop fans after deciding to stop and leave K-Pop. From the results of research that has been done, changes in life and habits experienced by former fans of K-Pop more due to environmental factors and family. Indirectly these factors affect the way of thinking in responding to K-Pop. In addition, these factors also raises awareness of theirself to change the habits that they considered less good by doing something more useful for themself, the environment and their family.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/217/051806509
Uncontrolled Keywords: K-Pop, Fandom, Former K-Pop Fans.
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 951 China and adjacent areas > 951.9 Korea
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:30
Last Modified: 01 Mar 2022 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166254
[thumbnail of Ihda Aina Ratna Dewi.pdf]
Preview
Text
Ihda Aina Ratna Dewi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item