Konsep Omoiyari yang tercermin dalam Drama Boku no Ita Jikan Karya Sutradara Hiroki Hayama, Hidenori Joho, dan Miyako Yasoshima.

Erlianti, Dian Ayu (2018) Konsep Omoiyari yang tercermin dalam Drama Boku no Ita Jikan Karya Sutradara Hiroki Hayama, Hidenori Joho, dan Miyako Yasoshima. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Omoiyari ialah perilaku yang menunjukkan empati kepada orang lain dan di pegang teguh oleh masyarakat Jepang. Dalam salah satu drama terdapat perilaku omoiyari yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dalam drama Boku no Ita Jikan karya sutradara Hiroki Hayama, Hidenori Joho, dan Miyako Yasoshima, di mana perilaku omoiyari tidak hanya dilakukan oleh tokoh utama saja, namun hampir semua tokoh melakukan perilaku omoiyari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui konsep omoiyari yang tercermin dalam kehidupan tokoh-tokoh dalam drama Boku no Ita Jikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori bentuk-bentuk omoiyari yang dikemukakan oleh Lebra (1976), selain itu digunakan juga teori pendukung seperti teori tokoh dan penokohan, mise en scene serta teknik pengambilan gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini memiliki hasil dari bentuk omoiyari menurut Lebra yaitu memelihara konsensus, pengoptimalan kenyamanan alter, kerentanan perasaan, efek gema sosial, komunikasi intuitif dan rasa bersalah, seluruhnya terdapat dalam drama Boku no Ita Jikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku omoiyari terdapat pada hampir keseluruhan tokoh.

English Abstract

-

Other obstract

『思いやり』は他者に共感をみせて、日本社会で思いやりが一番強気な概念と信じています。葉山浩樹、城宝秀則と八十島美也子のドラ『僕のいた時間』のドラマで日常生活の思いやりの行動があります。このドラマで主人公だけじゃなく、大方のキャラクターが思いやりの行動をします。この研究はキャラクターの『僕のいた時間』のドラマで思いやりの概念をまとめる目的です。 本研究でレボラによる思いやりの形の理論を用いて、mise en scene論とキャラクタリゼーション論と及び撮影技術を支持理論として用いています。研究方法は質的の叙述用法です。 本研究の結果はレボラの思いやりの形の概念によると『僕のいた時間』のキャラクターにコンセンサスを保って、居心地の最適化、静寂性の感じ、社会的なエコー効果、直感的な通信と後ろめたさがありました。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/197/051806484
Uncontrolled Keywords: Antropologi sastra, Empati, Omoiyari
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Oct 2019 01:30
Last Modified: 17 May 2022 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166231
[thumbnail of Dian Ayu Erlianti.pdf] Text
Dian Ayu Erlianti.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item