Pengukuran Kinerja Dan Perencanaan Strategi Perusahaan Dengan Menggunakan Metode MBNQA Dan WOS Di CV. Unggul Putra Samudra

Aulia, Ditha (2017) Pengukuran Kinerja Dan Perencanaan Strategi Perusahaan Dengan Menggunakan Metode MBNQA Dan WOS Di CV. Unggul Putra Samudra. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis industri furnitur pada saat ini sudah semakin meningkat. Hal tersebut menyebabkan manajemen setiap perusahaan memperoleh tantangan untuk dapat terus berusaha secara kompetitif dalam menghadapi persaingan. Perusahaan harus lebih cermat dalam mengevaluasi dan meningkatkan faktor internal organisasi dengan memperhatikan faktor eksternal di lingkungan persaingan, agar perusahaan mampu menentukan strategi bersaing yang tepat dalam memenangkan persaingan dipasar. Selama ini CV Unggul Putra Samudra belum melakukan pengukuran kinerja secara menyeluruh, perusahaan hanya melakukan pengukuran kinerja dari sebagian aspek saja, seperti aspek finansial dan produksi. Perusahaan juga belum mempunyai strategi untuk memperkokoh posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan di bisnis furnitur. Penelitian dimulai dengan melakukan penyebaran kuisioner yang berdasarkan pada tujuh kriteria dari MBNQA kepada 4 bagian dari manajemen perusahaan yaitu Komisaris Utama, Kepala Bagian Pemasaran, Kepala Bagian Produksi dan Kepala Bagian Administrasi Personalia dan Keuangan. Pengukuran kinerja dengan MBNQA digunakan untuk mengevaluasi faktor internal (IFE) perusahaan, dimana pencapaian >50% menjadi kekuatan dan pencapaian ≤50% menjadi kelemahan dari perusahaan. Selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap faktor eksternal (EFE) meliputi analisis pasar, pelanggan, pemasok, pesaing, keadaan sosial dan pemerintah serta perekonomian. Setelah ditentukan faktor internal dan eksternal perusahaan, dilakukan penyebaran kuisioner kembali kepada ke-4 bagian perusahaan untuk menentukan bobot dari setiap faktor untuk selanjutnya dipetakan dalam matriks IFE-EFE. Selanjutnya dilakukan analisis SWOT untuk membangkitkan alternatif strategi bersaing dengan berlandaskan pada White Ocean Strategy. Berdasarkan pengukuran dengan menggunakan metode MBNQA, CV Unggul Putra Samudra memperoleh nilai 571,11 dengan prosentase pencapaian kinerja sebesar 62%. Evaluasi terhadap faktor internal menunjukkan terdapat 10 atribut sebagai elemen kekuatan dan 2 atribut sebagai elemen kelemahan perusahaan. Evaluasi faktor eksternal menunjukkan terdapat 5 atribut yang merupakan peluang dan 5 atribut yang merupakan ancaman. Berdasarkan analisis SWOT yang berlandaskan pada White Ocean Strategy menghasilkan 8 alternatif strategi bersaing yang dapat membangun keunggulan kompetitif pada CV Unggul Putra Samudra, antara lain : Membantu pertumbuhan industry lokal, Berkontribusi dalam mengembangkan industri furnitur di Indonesia, Pengadaan anak perusahaan, Peningkatan kesadaran terhadap lingkungan, Tanggungjawab sosial individu perusahaan, Mengembangkan nilai tanggungjawab dan moralitas dalam berbisnis.

English Abstract

The development of industry furniture business at this time has been increasing. This has led to the management of every company facing the challenge of continually striving to compete in the face of competition. Companies must be more careful in evaluating and improving internal factors of the organization by taking into external factors in the competitive environment, so that companies are able to determine the right competitive strategy in winning the market competition. So far, CV Unggul Putra Samudra has not done assessing the overall organizational performance, the company only performs performance measurement from some aspects only, such as financial and production aspects. The company also has no strategy to strengthen the company's position in facing competition in the furniture business. The research started with distributing questionnaires based on seven criteria from MBNQA to 4 parts of the management of the company: President Commissioner, Head of Marketing, Head of Production and Head of Personnel and Finance Administration Division. Performance measurement with MBNQA is used to evaluate internal factors (IFE) of the firm, where achievement > 50% becomes a strength and achievement of ≤50% becomes a weakness of the company. Furthermore, an evaluation of external factors (EFE) includes market analysis, customers, suppliers, competitors, social and governmental circumstances and the economy. Once internal and external factors have been determined, distributed questionnaires are returned to the four parts of the company to determine the weight of each factor to be mapped in the IFE-EFE matrix. Furthermore, SWOT analysis was performed to generate an alterative competitive strategy based on the White Ocean Strategy. Based on the measurement using MBNQA method, CV Unggul Putra Samudra obtained a score of 571.11 with a performance percentage percentage of 62%. Evaluation of the internal factors pointed to 10 attributes as elements of strength and 2 attributes as elements of corporate weakness. Evaluation of external factors indicates there are 5 attributes that are opportunities and 5 attributes that are threats. Mapping of IFE-EFE matrix followed by SWOT analysis based on White Ocean Strategy produces 8 competitive strategy alternatives that can build competitive advantage on CV Unggul Putra Samudra, as follows: Helping the growth of local industry, Contributing in developing the furniture industry in Indonesia, Procurement of subsidiaries, Enhancing environmental awareness, Corporate social responsibility, Developing the value of responsibility and morality in business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/615/051707208
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Strategi Bersaing, Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA), SWOT, White Ocean Strategy (WOS)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:57
Last Modified: 07 Dec 2020 09:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1662
[thumbnail of Ditha Aulia.pdf]
Preview
Text
Ditha Aulia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item