Kritik Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Yang Menjadi Penyebab Shoushika Dalam Drama Otona Kouko Karya Sutradara Toichiro Ruto dan Naomi Kinoshita.

Marcelina, Cindy Shely (2018) Kritik Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Yang Menjadi Penyebab Shoushika Dalam Drama Otona Kouko Karya Sutradara Toichiro Ruto dan Naomi Kinoshita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Drama berfungsi tidak sebagai media hiburan saja, tetapi juga dapat sebagai media kritik akan isu-isu tertentu yang berkembang di masyarakat. Penelitian ini menggunakan serial drama Otona Kouko. Drama ini memiliki daya tarik tersendiri melalui ceritanya yang membahas permasalahan serius Jepang saat ini yaitu shoushika. Shoushika adalah istilah suatu kondisi dimana angka kelahiran berada dibawah rata-rata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kritik sosial penyebab rendahnya angka kelahiran secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori sosiologi sastra oleh Ian Watt, serta kajian kritik sosial. Teori pendukung yang digunakan adalah mise en scene untuk mendukung penulis dalam menganalisa data . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa drama Otona Kouko berisi kritikan terhadap perilaku masyarakat yang menjadi penyebab rendahnya angka kelahiran di Jepang, yang meliputi kritik terhadap penundaan usia pernikahan, parasite single, perubahan pandangan pernikahan, hubungan sesama jenis, serta standar pasangan ideal.

English Abstract

-

Other obstract

ドラマはエンターテイメントとして人気がある、ドラマは視聴者に影響をえる。社会問題について目を覚めさせることである。本研究では、ドラマ「オトナ高校」を使用した。瑠東東一郎と樹下直美の「オトナ高校」は話やキャラクター、場面さえも面白くて、少子化の課題社会的の批判がある。 本研究では、記述的分析を使った。そのうえ、使って文学論は Ian Watt、と社会的批評理論で瑠東東一郎と樹下直美の「オトナ高校」の映像と会話を分析した。またはより多く分析するために、mise en scene の理論を使用した。 本研究の結果は、このドラマに少子化の課題会的行動は結婚年齢の遅れとパラサイトシングルと結婚観の変化と同性関係と理想の男性像を見つけた。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/201/051806488
Uncontrolled Keywords: Drama, Otona Kouko, Kritik Sosial, Shoushika-ドラマ、オトナ高校、社会評論、少子化
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 Oct 2019 02:29
Last Modified: 17 May 2022 07:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166196
[thumbnail of Cindy Shely Marcelina.pdf] Text
Cindy Shely Marcelina.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item