Pengaruh Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille Terhadap Kualitas Layanan Dan Kinerja Perpustakaan (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)

Wulandari, Angraini Ayu (2018) Pengaruh Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille Terhadap Kualitas Layanan Dan Kinerja Perpustakaan (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terhadap Kualitas Layanan dan Kinerja Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan penyediaan fasilitas publik yang belum aksesibel bagi penyandang disabilitas. Padahal fasilitas publik bagi para penyandang disabilitas merupakan kebutuhan primer yang perlu mendapat perhatian dari berbagai kalangan, terutama dari pemerintah. Menanggapi hal tersebut, maka Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya melalui sebuah inovasi yang mampu meningkatkan kualitas layanan dan kinerja perpustakaan dengan disesuaikan kebutuhan para penyandang disabilitas, khususnya netra yaitu melalui Layanan Pojok Braille. Layanan Pojok Braille merupakan pioneer inovasi dalam rangka memberikan kesetaraan (spirit equality) bagi para penyandang disabilitas netra untuk memperoleh haknya dibidang literasi dan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 33 orang pelajar dari Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang yang rutin dan sudah memiliki jadwal kunjungan untuk menggunakan Layanan Pojok Braille serta 3 orang pustakawan yang bertugas pada Layanan Pojok Braille. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kualitas Layanan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 5,393 dengan ρ- valuer 0,000. Variabel Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Perpustakaan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 3,207 dengan ρ-valuer 0,003. Variabel Kualitas Layanan terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap Kinerja Perpustakaan. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,868 dengan ρ-valuer 0,007.

English Abstract

This study aims to determine the effect of The Application Of Braille Corner Service Innovation toward Service Quality and Library Performance in the Department of Public Library and Regional Archives of Malang. The background of this research based on the problem of providing public facilities that is not yet accessible for persons with disabilities. Whereas public facilities for persons with disabilities are primary needs that need attention from various circles, especially from the Government. Responding to this matter, the Government of Malang through the Department of Public Library and Regional Archives of Malang strives to provide the best service through an innovation that can improve the service quality and library performance to suit the needs of person with disabilities, especially blind through Braille Corner Service. Braille Corner Service is a pioneer of innovation in order to provide equality for persons with disabilities to get their rights in the field of literacy and education. Research method that be used in this research is quantitative with explanatory research type. Total sample that be used consisted of 33 students from Social Rehabilitation of Bina Netra (RSBN) Malang which is routine and already had schedule of visits to use Braille Corner Service and 3 librarians who served on Braille Corner Service. Analysis of the data that be used is descriptive statistics and path analysis. The results of this study indicate that variable The Application Of Braille Corner Service Innovation indicate that there is significant influence toward Service Quality. This is shown by the tcount of 5,393 with ρ-valuer 0,000. Variable The Application Of Braille Corner Service Innovation indicate that there is significant influence toward Library Performance. This is shown by the tcount of 3,207 with ρ- valuer 0,003. Variable Service Quality indicate that there is significant influence toward Library Performance. This is shown by the tcount of 2,868 with ρ-valuer 0,007

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/493/051807130
Uncontrolled Keywords: Penerapan Inovasi Layanan Pojok Braille, Kualitas Layanan, Kinerja Perpustakaan, The Application Of Braille Corner Service Innovation, Service Quality, Library Performance
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.4 People with physical disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:43
Last Modified: 28 Oct 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166177
[thumbnail of Angraini Ayu Wulandari.pdf]
Preview
Text
Angraini Ayu Wulandari.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item