Diskriminasi Pada Siswa Kelas 3-E Akibat Otonomi Sistem Pendidikan Di Smp Kunugigaoka Dalam Komik Ansatsu Kyoushitsu Karya Yusei Matsui

Syifa, Abdurrasyid (2018) Diskriminasi Pada Siswa Kelas 3-E Akibat Otonomi Sistem Pendidikan Di Smp Kunugigaoka Dalam Komik Ansatsu Kyoushitsu Karya Yusei Matsui. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam komik Ansatsu Kyoushitsu diceritakan SMP Kunugigaoka memiliki peraturan yang menerapkan sistem khusus pembentukan kelas 3-E, dimana para siswanya terdiri dari siswa dengan prestasi akademik rendah. Para siswa kelas 3-E diperlakukan dengan buruk oleh sesama siswa maupun para guru. Diskriminasi dan aturan dalam institusi pendidikan swasta tersebut digambarkan dalam komik Ansatsu Kyoushitsu karya Yusei Matsui. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk tindak diskriminasi yang diterima siswa kelas 3-E yang tergambar dalam komik Ansatsu Kyoushitsu karya Yusei Matsui. Dalam peneltian ini, masalah penelitian dibahas menggunakan pendekatan sosiologi sastra, dengan kajian teori diskriminasi oleh Leonard Newman (dalam Miharso, 2009). Teori pendukung berupa teori memahami komik oleh Scott McCloud (1993). Dan penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa kelas 3-E SMP Kunugigaoka menerima tindakan diskriminasi yang antara lain berupa, diskriminasi bentuk verbal dari sesama siswa maupun para guru, diskriminasi bentuk penghindaran atau pengabaian baik secara langsung maupun tidak langsung, diskriminasi bentuk pengeluaran atau pengasingan berupa segregasi de jure dan segregasi de facto, dan diskriminasi bentuk kekerasan fisik yang terbentuk karena memiliki korelasi dengan bentuk diskriminasi lainnya. Bentuk-bentuk diskriminasi tersebut terlihat dari kehidupan siswa kelas 3-E selama bersekolah di SMP Kunugigaoka.

Other obstract

松井優征の漫画『暗殺教室』はある特別な校則を当てはめる椚ヶ丘中学 校、差別のクラス3 年E組の物語である。3 年E組の学生は校内で成績が 悪い学生である。学生同士からだけでなく、先生方からも差別を受けてい た。そのような校則と差別は松井優征の漫画『暗殺教室』に表れている。 本研究は、松井優征の漫画『暗殺教室』における差別を説明するの研究で ある。 本研究では、文学の社会学の理論、Leonard Newman(Miharso、2009) の差別の理論を用いた。その上、Scott McCloud(1997)のコミック理解 という理論を用いた。そして、本研究で用いた研究方法は記述的分析であ る。 本研究の結果は、椚ヶ丘中学校の3 年E組を受けた差別には口頭差別、 回避差別、事実的な分離(de facto)と法律的な分離(de jure)、物理的 の虐待、という四つの差別が松井優征の漫画『暗殺教室』の椚ヶ丘中学校 3 年E組の学生の生活に表れた。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/184/051806475
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi, institusi pendidikan swasta, komik, sosiologi sastra Jepang
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 895 Literatures of East and Southeast Asia > 895.6 Japanese literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:29
Last Modified: 04 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166162
[thumbnail of Abdurrasyid Syifa.pdf] Text
Abdurrasyid Syifa.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item