Pelaksanaan Tugas Media Center Dalam Menerima Dan Menanggapi Pengaduan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya)

Muzis, Azmi Aziz Al (2018) Pelaksanaan Tugas Media Center Dalam Menerima Dan Menanggapi Pengaduan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkaitan dengan pertambahan penduduk dan tuntutan publik terhadap pelayanan yang prima semakin meningkat. Maka Pemerintah Kota Surabaya pada tanggal 28 November 2011, memprakarsai layanan wadah pengaduan publik atau bisa disebut dengan Media Center. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan memiliki 3 fokus penelitian, yaitu (1) Mekanisme dari pelaksanaan tugas Media Center, (2) Pencapaian dan Hasil dari Pelaksanaan tugas Media Center, dan (3) Manfaat dari pelaksanaan tugas Media Center. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan adalah analisa data deskriptif, dengan melalui proses data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Mekanisme Program Media Center yaituKeluhan warga yang diterima operator langsung dikirimkan ke personel Tim Pelayanan Keluhan/Pengaduan Masyarakat yang ada di dinas terkait. Kemudian, jawaban dari tim harus diberikan kepada pelapor sesuai tenggat waktu dalam Standar Operasional Prosedur (SOP). Program Media Center memberi hasil dan pencapaian yaitu suara masyarakat lebih tersalurkan dan membawa manfaat bagi pembenahan kota serta program Media Center juga menerima apresiasi dari warga. Kemudian terdapat manfaat dari pelaksanaan program Media Center yang dapat dibagi menjadi dua manfaat. Manfaat jangka pendek yang berupa program Media Center memberikan solusi, dan menuntaskan keluhan masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi. Manfaat jangka menengah-panjang yaitu dengan adanya program Media Center ini, dapat menjadi edukasi bagi masyarakat bahwa tidak semua tanggung jawab ada pada pemerintah tetapi masyarakat juga ikut andil didalamnya. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi berupa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program Media Center ialah Sumber Daya Manusia yang kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, komunikasi dan kerjasama antara pihak yang terlibat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah informasi yang tidak sampai kepada masyarakat, pengelolaan hasil informasi dan data yang memakan waktu, serta pengolahan data dari pihak yang terlibat belum optimal.

English Abstract

With regard to population and the demands of the public against the Prime Ministry. Then the Government city of Surabaya on November 28, 2011, initiated a public complaint services or container can be called with the Media Center. This research is qualitative research and has 3 focus research, namely (1) the mechanism of implementation of the Media Center program, (2) Achievement and the results of the implementation of the task of the Media Center, and (3) the benefits from the implementation of the task of the Media Center. The source of the data in this study i.e., primary data and secondary data. Data analysis data analysis was descriptive, with through the process of data collection, data condensation, data display, and conclusion. The mechanism of the Program Media Center yaituKeluhan citizens who received direct operator sent to Ministry team personnel Complaints/public complaints that are on related service. Then, the answers from the team must be given to the Rapporteur accordingly the deadline in the standard Operational procedures (SOP). The Media Center program outcomes and achievement that is the voice of the community more tersalurkan and bring benefits to the city as well as a revamping of the program Media Center also received appreciation from citizens. Then there are the benefits of the Media Center program execution can be divided into two main benefits. Short-term benefits in the form of the Media Center program provides complete solutions, and complaints about the issue at hand. The benefits of the medium-length that is by having this Media Center program, can be educational for the public that not all of the onus is on the Government but society also participate in it. Whereas the factors which affect the form of factor endowments and a barrier. Supporting factors in the implementation of the program Media Center is a competent human resources, adequate facilities and infrastructure, communications and cooperation between the parties involved. While the factor penghambatnya is information that is not up to the public, the management of information and data that results take time, as well as the processing of data of the parties involved has not been optimal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/314/051804855
Uncontrolled Keywords: Media Center, Pengaduan Publik, Media Center, Public Complaints.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:44
Last Modified: 28 Oct 2021 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166121
[thumbnail of Azmi Aziz Al Muzis.pdf]
Preview
Text
Azmi Aziz Al Muzis.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item