Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Pemustaka dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang)

Puspitasari, Dian (2017) Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan Pemustaka dalam Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian skripsi ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan pemenuhan kebutuhan informasi di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Secara keseluruhan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang mempunyai kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Adanya problematika tersebut pihak UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang membuat sebuah kebijakan berupa program bimbingan pemustaka dan sudah berjalan sejak tahun 2006 hingga sekarang. Penelitian evaluasi pelaksanaan program bimbingan pemustaka ini dilakukan untuk dapat memahami sejauh mana perkembangan pelaksanaan program bimbingan pemustaka di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang, faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program, serta menganalisis keberhasilan pelaksanaan program berdasarkan kriteria evaluasi kebijakan menurut William Dunn (2003). Hal tersebut dilakukan agar dapat memberikan informasi dan rekomendasi tentang perkembangan program bimbingan pemustaka di UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian yang diambil adalah Universitas Muhammadiyah Malang dengan situs penelitian UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif milik John W. Creswell (2016). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program tersebut sudah berhasil namun kurang maksimal, dikarenakan dalam pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa baru kurang terampil dalam pemecahan masalah, waktu pelaksanaan yang berubah, dan pemateri yang kurang terampil dan berkompeten. Kesimpulan yang diperoleh adalah pelaksanaan program ini sudah berjalan dengan baik, namun memiliki hasil yang kurang optimal. Saran yang dapat diberikan yaitu dengan menambahkan materi bimbingan dan adanya bimbingan pemustaka yang keberlanjutan, penetapan waktu pelaksanaan yang matang dan memberikan pelatihan kepada pemateri.

English Abstract

This research thesis was conducted on the basic of the problems meeting the needs of information at UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang (University Library and Information Center). As a whole new students Universitas Muhammadiyah Malang have different needs information. The existence of the problematic the UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang make a policies effective as program user instruction and has been running since 2006 until now. The research to evaluate performance of the program user instruction was done to be able to understand the extent of which development of the implementation of program user instruction at UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang, what factors being stalwart and inhibitors of in implementation of programs, and analyzes of successful program implementation based on the criteria policy evaluation according to William Dunn (2003). It has to be done in order to provide information and recommendations concerning the development of the program user instruction at UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. The kind of research that is used the descriptive study with the qualitative approach. The data collection was done by interview technique, observation and study documentation. The research locations is Universitas Muhammadiyah Malang with research site is UPT Perpustakaan dan Informasi Universitas Muhammadiyah Malang. The method of analysis that used was descriptive analysis belonging to John W. Creswell (2016). The result of this research indicated that program has been work however less than maximum, because in meeting the needs of information new students less skilled in problem solving, implementation time that was changed, and trainer less skillful and competent. A conclusion that obtained was the implementation of the program has run well, but has less than optimal results. Advice that can be given is that by adding matter guidance and the user instruction that the sustainability of, the determination of implementation time that is ripe and training for trainer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/804/051708491
Uncontrolled Keywords: Program Evaluation, User Service, User Instruction, Information Needs, Academic Library
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:27
Last Modified: 16 Oct 2021 02:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166108
[thumbnail of Dian Puspitasari.pdf]
Preview
Text
Dian Puspitasari.pdf

Download (79MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item