Analisis Media Belajar Pada Minat Dan Prestasi Belajar Anak (Studi Pada Taman Baca Masyarakat (Tbm) Rumah Literasi Merdesa)

-, Indriyani (2018) Analisis Media Belajar Pada Minat Dan Prestasi Belajar Anak (Studi Pada Taman Baca Masyarakat (Tbm) Rumah Literasi Merdesa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

TBM Rumah Literasi Merdesa mempunyai media belajar dan kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan pengunjung TBM terutama untuk anak-anak, sebagai daya tarik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar anak-anak. Selain itu juga untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis media belajar yang ada di TBM Rumah Literasi Merdesa sebagai pemicu minat dan prestasi belajar anak-anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Peneliti lebih memaksimalkan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi sebagai penggalian informasi, selanjutnya dikaitkan dengan teori. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek keterkaitan antara hasil pengamatan dengan wawancara dari informan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar yang ada di TBM Rumah Literasi Merdesa mempengaruhi dan dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar anak-anak melalui kegiatan yang ada di TBM, seperti: kelas komputer, kelas musik, kelas memasak, pendidikan anti narkoba, sains terapan, peduli lingkungan dan menonton bersama. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan pada peningkatan minat belajar dan pengembangan pengetahuan anak-anak. Faktor pendukung dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar anak-anak, yaitu: minat belajar yang dimiliki anak-anak, penggunaan media yang ada di TBM Rumah Literasi Merdesa, kegiatan yang diadakan, serta metode belajar yang digunakan. Kemudian faktor penghambat dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar anak-anak, yaitu: kurangnya dukungan dari orang tua, lingkungan keluarga yang kurang baik, dan kurangnya SDM pengajar di TBM Rumah Literasi Merdesa.

English Abstract

TBM Rumah Litersi Merdesa has learning media and activities in fulfillment needs of TBM visitors especially for children, as an attraction to interest and learning achievement of children. In addition to increase interest in reading children. This research used descriptive research with qualitative approach, that in aims to know, describe, and analyze the existing learning media in TBM Rumah Literasi Merdesa as a trigger of interest and learning achievement of children. Technique of collecting data in this research, that is by doing observation, interview, and also study of documentation. Researchers is more maximize by using the method of interview and documentation method as digging information, then related with the theory. The researchers also used triangulation of sources that checks the link between observations and interviews from different informants. This data analysis technique used is interactive model Miles, Huberman, and Saldana (2014) by condensing data, presenting the last is withdrawal and verification conclusion. The results of the research indecate that learning media at TBM Rumah Literasi Merdesa influence and can increase the interest and learning achievement of children through TBM activities such as: computer class, music class, cooking class, Drugs education, basic science, watching movie together. This is indicated by changes in the increased interest in learning and development of children's knowledge. The factors in support in increasing interest and learning achievement of children, that are: interest in learning children, the use of media in TBM Rumah Literasi Merdesa, there are activities at TBM, and learning methods used. Then the factors inhibit in increasing the interest and learning achievement of children, that are: the lack of support from parents, the family environment the less the better, and the lack of human resources teachers in TBM Rumah Literasi Merdesa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/502/051807139
Uncontrolled Keywords: : media belajar, minat belajar, kegiatan belajar, Taman Baca Masyarakat, learning media, learning interest, learning activities, Community learning center.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.5 Reading and use of other information media by young people
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2019 01:18
Last Modified: 28 Oct 2021 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166094
[thumbnail of Indriyani.pdf]
Preview
Text
Indriyani.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item