Strategi Meningkatkan Jumlah Kunjungan Siswa Perpustakaan MAN 3 Malang

Kartiko, Rochmad (2017) Strategi Meningkatkan Jumlah Kunjungan Siswa Perpustakaan MAN 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan Sekolah Untuk Sebagai Pemustaka (Studi pada S.Pd., M.Si., Anita Tri Widyawati, MAN 3 Malang merupakan salah satu dari delapan madrasah terpadu yang ada di Indonesia. Perpustakaan MAN 3 Malang sendiri pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara I lomba perpustakaan SMA di tingkat provinsi pada tahun 2007 dan juara 11 dalam lomba perpustakaan SMA di tingkat nasional pada tahun 2009. Namur, setelah itu Perpustakaan MAN 3 Malang belum pernah mendapatkan prestasi serupa kembali. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan siswa sebagai pemustaka di Perpustakaan MAN 3 Malang serta faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek keterkaitan antara hasil pengamatan dengan wawancara dari informan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huben-nan, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kunjungan pemustaka di Perpustakaan MAN 3 Malang masih rendah karena belum adanya strategi khusus untuk meningkatkan jumlah kunjungan pemsutaka. Faktor internal yang mempengaruhi siswa suntuk datang ke Perpustakaan MAN 3 Malang yakni, penggunaan perpustakaan sebagai tempat KBM pengganti kelas, adanya fasilitas Internet, dan akses koleksi yang tidak sepenuhnya terbuka. Sedangkan faktor eksternalnya jarak perpustakaan yang jauh Bari kelas, yang bisa mempengaruhi siswa untuk datang berkunjung ke perpustakaan. Saran yang bisa diberikan kepada Perpustakaan MAN 3 Malang antara lain : mengoptimalkan sosialiasi mengenai perpustakaan sekolah, tidak hanya sosialisasi kepada siswa bare saja, mengoptimalkan pendataan kunjungan siswa menggunakan presensi digital, melakukan kegiatan yang melibatkan siswa dan membuka akses koleksi referensi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1369/051804451
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah Untuk Sebagai Pemustaka (Studi pada S.Pd., M.Si., Anita Tri Widyawati, MAN 3 Malang merupakan salah satu dari delapan madrasah terpadu yang ada di Indonesia. Perpustakaan MAN 3 Malang sendiri pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara I lomba perpustakaan SMA di tingkat provinsi pada tahun 2007 dan juara 11 dalam lomba perpustakaan SMA di tingkat nasional pada tahun 2009. Namur, setelah itu Perpustakaan MAN 3 Malang belum pernah mendapatkan prestasi serupa kembali. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan siswa sebagai pemustaka di Perpustakaan MAN 3 Malang serta faktor yang mempengaruhinya. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber yaitu mengecek keterkaitan antara hasil pengamatan dengan wawancara dari informan yang berbeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles, Huben-nan, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan terakhir yaitu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kunjungan pemustaka di Perpustakaan MAN 3 Malang masih rendah karena belum adanya strategi khusus untuk meningkatkan jumlah kunjungan pemsutaka. Faktor internal yang mempengaruhi siswa suntuk datang ke Perpustakaan MAN 3 Malang yakni, penggunaan perpustakaan sebagai tempat KBM pengganti kelas, adanya fasilitas Internet, dan akses koleksi yang tidak sepenuhnya terbuka. Sedangkan faktor eksternalnya jarak perpustakaan yang jauh Bari kelas, yang bisa mempengaruhi siswa untuk datang berkunjung ke perpustakaan. Saran yang bisa diberikan kepada Perpustakaan MAN 3 Malang antara lain : mengoptimalkan sosialiasi mengenai perpustakaan sekolah, tidak hanya sosialisasi kepada siswa bare saja, mengoptimalkan pendataan kunjungan siswa menggunakan presensi digital, melakukan kegiatan yang melibatkan siswa dan membuka akses koleksi referensi.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2019 02:59
Last Modified: 09 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166093
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item