Analisis Penerapan Sistem Pemungutan Pajak Hotel dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Indriyana, Amalia Dewi (2018) Analisis Penerapan Sistem Pemungutan Pajak Hotel dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli Daerah merupakan penerimaan dan pungutan pajak daerah salah satunya dengan cara meningkatkan penerimaan melalui Pajak Hotel. Penerapan sistem pemungutan pajak hotel menganut sistem self assessment yang dianut dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1987 dan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000. Hal ini menjelaskan bahwa pajak hotel dalam Undang – Undang Nomor 28 Tahun 2009 Pasal 1 ayat 20 dan ayat 1 adalah pajak atas pelayanan yang disediakan oleh hotel, dan hotel adalah fasilitas penyedia jasa penginapan atau peristirahatan termasuk jasa terkait lainnya dengan dipungut bayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan sistem pemungutan pajak hotel di Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang. Mengetahui dan menganalisis kendala yang ada dalam penerapan sistem pemungutan pajak hotel dan cara menyelesaikan yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak daerah Kota Malang. Serta juga peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa data hasil wawancara dan data sekunder berupa data primer yaitu mewawancarai pegawai Kantor Badan Pelayanan Pajak Daerah dan wajib pajak hotel serta data sekunder mengetahui data-data yang dimiliki wajib pajak dan laporan-laporan serta dokumen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan sistem pemungutan pajak hotel yang ada di kota Malang yang diterapkan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang menggunakan sistem pemungutan self assessment yang dikenakan tarif pajak hotel sebesar 10% dan 5% untuk kategori rumah kos. Kendala yang terjadi di Kota Malang dikarenakan belum sepenuhnya terealisasi dengan baik yaitu kekurangan pegawai dalam pendataan wajib pajak dan juga kurangnya kesadaran wajib pajak dalam membayarkan pajak terutang yang tidak sesuai dengan kepatuhan membayar pajak dalam Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2010. Pemerintahan kota Malang berusaha melakukan strategi dengan cara penambahan satgas, dan juga telah berusaha melakukan sosialisasi dengan dilakukan nya sosialisasi mendatangi event-event dan juga telah bekerjasama dengan media masa, serta pembentukan tim UPL (Unit Pelaksanaan Lapangan) Perpajakan Daerah demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kota Malang.

English Abstract

Revenue Original Regional is the acceptance and levy of local taxes one of them by increasing the acceptance through the Hotel Tax. The implementation of the hotel tax collection system adopts the self assessment system adopted in Law No. 18 of 1987 and Law Number 34 Year 2000. This explains that the hotel tax in Law Number 28 Year 2009 Article 1 paragraph 20 and paragraph 1 are taxes on services provided by the hotel, and the hotel is a facility of lodging or lodging service providers including other related services with a fee. This study aims to determine and analyze the application of tax collection system in the Office of Regional Tax Service Office of Malang. Knowing and analyzing the obstacles that exist in the implementation of hotel tax collection system and how to solve that done by the Tax Service Office of Malang City. And also researchers want to know the strategy undertaken by the Regional Tax Service Office of Malang City in an effort to increase the Original Revenue. The type of research used in this study using the type of qualitative research with descriptive approach. Sources of data used are primary data in the form of data interviews and secondary data in the form of primary data that is interviewing employees of the Regional Tax Service Office and hotel taxpayers as well as secondary data to know the data owned by taxpayers and reports and documents. The results of this study indicate that the application of the hotel tax collection system in Malang city applied by the Regional Tax Service Agency of Malang City using the self assessment system that imposed the hotel tax rate of 10% and 5% for the boardinghouse category. Constraints that occur in the city of Malang due to not fully realized well is the lack of employees in taxpayer data collection and also the lack of awareness of taxpayers in paying tax payable that is not in compliance with tax payments in Local Regulation No. 16 of 2010. Malang City Government trying to do strategy with the addition of task force, and also has tried to socialize with the socialization to the events and also has been working with the mass media, and the establishment of UPL (Field Implementation Team) Regional Taxation team to increase the original income in Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/455/051807092
Uncontrolled Keywords: Analisis,Sistem Pemungutan Pajak Hotel, Meningkat Pendapatan Asli Daerah Analysis, Hotel Tax Collection System, Increase Local Original Income
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.22 Real property taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:10
Last Modified: 16 Oct 2021 05:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166089
[thumbnail of Amalia Dewi Indriyana.pdf]
Preview
Text
Amalia Dewi Indriyana.pdf

Download (42MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item