Purwaningsih, Deviana Enny (2018) Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pemilihan Bali Sebagai Destinasi Wisata Oleh Wisatawan India (Survei pada Platform Incredible India Education Fair). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren yang menunjukan bahwa Wisatawan India telah menjadi penyumbang pertumbuhan wisatawan mancanegara di Indonesia dengan persentase 10,38 persen dalam periode Januari-Oktober 2015. India mengalahkan peringkat dari negara Australia, China, Jepang, Inggris dan Prancis. India berkontibusi sebesar 3, 52 persen terhadap total wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali yaitu sebesar 4,70 juta wisatwan selama 10 bulan pertama 2016. Jumlah wisatawan India meningkat paling tinggi, disusul wisatawan China melonjak 36,26 persen, Inggris 33,37 persen, Amerika Serikat (AS) 27,85 persen, dan Prancis 27,80 persen. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam menjalankan penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer. Penelitian ini akan menggunakan kuisioner online melalui Google Form. Kuisioner ini telah disebar secara acak kepada responden India melalui platform Incredible India Edu Fair dan juga akan disebar melalui social media pribadi peneliti seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, dan Line. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji t sebagai metode menguji hipotesis. Hasil uji t antara X (Bauran komunikasi pemasaran) dengan Y (keputusan pemilihan destinasi) menunjukkan t hitung = 9,342. Sedangkan t Tabel (α = 0.05 ; db residual = 100) adalah sebesar 1,984. Karena t hitung > t Tabel yaitu 9,342 > 1,984 atau nilai sig t (0,000) < α = 0.05 maka pengaruh X (Bauran Komunikasi Pemasaran) terhadap keputusan pemilihan destinasi adalah signifikan. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan pemilihan destinasi dapat dipengaruhi secara signifikan oleh bauran komunikasi pemasaran atau dengan meningkatkan Bauran komunikasi pemasaran maka keputusan pemilihan destinasi akan mengalami peningkatan secara nyata. Dari hasil uji regresi linier sederhana apabila Bauran Komunikasi Pemasaran mengalami peningkatan 1 satuan, maka Keputusan pemilihan destinasi akan meningkat sebesar 0,113 satuan dengan asumsi variabel yang lainnya dianggap konstan.
English Abstract
This research is motivated by the trend showed that Indian Tourists have contributed to the growth of foreign tourists in Indonesia with a percentage of 10.38 percent in the period from January to October 2015. India beat the ratings of Australia, China, Japan, Britain and France. India contributes 3, 52 per cent to the total number of foreign tourists visiting Bali at 4.70 million tourists during the first 10 months of 2016. The number of Indian tourists rose the most, followed by Chinese tourists jumping 36.26 per cent, Britain 33.37 per cent, Unions (US) 27.85 percent, and France 27.80 percent. The type of research used by researchers in conducting this research was explanatory research with a quantitative approach. Sources of data in this study comes from primary data. This study used an online questionnaire through Google Form. This questionnaire has been randomly distributed to Indian respondents through the Incredible India Edu Fair platform and also distributed through personal social media researchers such as Facebook, Instagram, Whatsapp, and Line. Data analysis techniques used are simple linear regression analysis, coefficient of determination and t test as a method of testing the hypothesis. The t test result between X (Marketing communication mix) with Y (Selected Decision of Destination)shows t arithmetic = 9,342. While t table (α = 0.05; db residual = 100) is equal to 1,984. Because t arithmetic> t table is 9,342> 1,984 or sig t value (0.000) <α = 0.05 then influence of X (Marketing Communication Mix) to decision of destination selection is significant. This means that H0 is rejected and H1 accepted so that it can be concluded that destination selection decisions can be significantly influenced by the marketing communication mix or by improving the marketing communication mix so that the choice of destination decisions will increase significantly. From the results of simple linear regression test if the Marketing Communication Mix increased 1 unit, then the decision of the choice of destination will increase by 0.113 units with the assumption that other variables are considered constant.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1069/051900721 |
Uncontrolled Keywords: | Bauran Komunikasi Pemasaran, Wisatawan Mancanegara, Indonesia, Bali, India, Keputusan Pemilihan Destinasi-Marketing Communication Mix, Foreign Tourists, Indonesia, Bali, India, Selected Decision of Destination. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 18 Jul 2019 07:39 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166069 |
![]() |
Text
Deviana Enny Purwaningsih.pdf Download (4MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (23kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (10kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |