Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Bidang Akta Kelahiran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang)

Susilawati, Yunita (2018) Peningkatan Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Bidang Akta Kelahiran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kehidupan bernegara pelayanan public merupakan unsur yang penting dalam aspek kehidupan. Saat ini upaya untuk memberikan pelayanan public yang berkualitas kepada masyarakat telah menjadi perhatian utama dari berbagai organisasi di seluruh dunia, baik organisasi swasta maupun publik. Terwujudnya pelayanan public yang baik dipengarui oleh beberapa aspek salah satunya adalah kinerja pegawai. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang merupakan salah satu dinas yang melakukan praktek penyelenggaraan pelayanan public (Publik Services) yang bekerja dalam bidang pengelolahan data kependudukan masyarakat Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu (1) Upaya peningkatan kinerja pegawai dalam pelayanan public tentang akta kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang meliputi kemampuan pemberi layanan, sarana dan prasarana, prosedur dan persyaratan pelayanan bidang akta kelahiran. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data berasal dari data informan, peristiwa dan dokumen serta dari jenis data primer dan data skunder. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana (2014) melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) upaya meningkatkan kinerja pegawai dalam pelayanan publik tentang akta kelahiran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang yang meliputi pemberi layanan, sarana dan prasarana, serta prosedur dan persyaratan pelayanan bidang akta kelahiran sudah cukup baik dengan adanya pemberian dan mengikutsertakan pegawai dalam bimtek khusus, adanya program Jebol Anduk yang dilakukan setiap hari sabtu dan minggu, pelayanan penerbitan akta kelahiran yang dapat terselesaikan dengan baik dari selesai 5 hari kerja menjadi 1 hari kerja One Day Services, tersedianya gedung baru yang lebih besar serta fasilitas yang lebih layak untuk digunakan, dengan adanya perubahan SOP pada pelayanan penerbitan akta kelahiran yang semula selesai dalam 5 hari kerja menjadi 1 hari kerja atau One Day Services. (2) Faktor pendukung dan penghambat terdiri dari (a) faktor pendukung yaitu selain dukungan dari pemerintah pusat sarana dan prasarana yang ada juga sudah baik. (b) Faktor penghambat adalah kurang optimalnya penggunaan sarana dan prasarana yang ada serta kurangnya jumlah pegawai dilingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malang. Rekomendasi penting yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah diadakannya sosialisasi kepada masyarakat terkait prosedur pelayanan yang berhubungan dengan dokumen kependudukan, mengikuti sosialisasi agar dapat mengetahui upaya apa yang dapat diterapkan agar pelayanan public dapat tercapai dengan maksimal serta penambahan pegawai untuk mengurangi beban kerja agar pekerjaan cepat terselesaikan dan kinerja pegawai meningkat serta pelayanan public berjalan dengan baik.

English Abstract

In the country life, public service is an important element in the aspects of life. At present the efforts to provide quality public services to the public have become major concern of various organizations throughout the world, both private and public organizations. The realization of good public services is influenced by several aspects, one of them is employee performance. Department of Population and Civil Registry of Malang Regency is one of agencies that carry out the practice of public services in the field of population data management in Malang Regency. This research using descriptive research with qualitative approach and limited by 2 research focuses, namely (1) Efforts to improve employee performance in public services regarding birth certificate in the Population and Civil Registry Agency, Malang Regency which includes the ability of service providers, facilities and infrastructure, procedures and requirements for the services of birth certificate. (2) Supporting and inhibiting factors. Data sources come from data informants, events and documents from primary and secondary data types. Data were collected through interview, observation, and documentation techniques. Data analysis bt using Miles, Huberman and Saldana (2014) through the stage of data condensation, data presentation, and conclusion. From the results, it can be seen that (1) efforts to improve employee performance in public services regarding birth certificate in Population and Civil Registry Agency, Malang Regency which includes service providers, facilities and infrastructure, as well as procedures and requirements for services of birth certificate section was good enough with the provision and participation of employees in special technical assistance, the presence of Jebol Anduk program that is done every Saturday and Sunday, issuance of birth certificate can be finished from previously 5 working days become 1 one working day or One Day Services, the availability of new, larger buildings and facilities that are more feasible to use, with the change in the SOP on birth certificate issuance were originally completed in 5 working days become 1 work day or One Day Services. (2) The supporting and inhibiting factors consist of : (a) supporting factors, in addition to the support from the central government, existing facilities and infrastructure are also good. (b) The inhibiting factor are the lack of optimal use of existing facilities and infrastructure as well as the lack of numbers of employees in the Population and Civil Registry Agency of Malang Regency. Important recommendations that can be given from this research are the holding of public education related service procedures related to civil documents, follow the socialization in order to know what efforts can be implemented so that public services can be achieved maximally as well as addition of employee to reduce the workload in order to work faster and employee performance increases and public services run well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1181/051901221
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan Publik-Performance, Public Service
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 01:26
Last Modified: 25 Oct 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166058
[thumbnail of Yunita Susilawati.pdf] Text
Yunita Susilawati.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (21kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (10kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item