Perencanaan Kapasitas Produksi Bogie Dengan Metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP) Di PT. Industri Kereta Api

Abriani, Dea Prilia (2017) Perencanaan Kapasitas Produksi Bogie Dengan Metode Rough Cut Capacity Planning (RCCP) Di PT. Industri Kereta Api. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Industri Kereta Api (INKA) merupakan satu-satunya peruahaan di Indonesia yang memproduksi kereta api. Peningkatan pengguna transportasi kereta api dan gerbong mulai dirasakan oleh PT Industri Kereta Api (PT INKA). Menurut Manager Perencanaan Produksi PT INKA, permintaan tahun 2015 senilai 1,05 triliun, tahun 2016 meningkat menjadi 1,7 triliun, dan tahun 2017 meningkat hingga 2,1 triliun sedangkan target PT INKA nilai proyek yang dikerjakan pada tahun 2021 akan bernilai 3,5 triliun. Rencana pertumbuhan ini membuat PT INKA harus dapat meningkatkan kapasitasnya agar semua pesanan dapat terpenuhi dan tidak terkena sanksi penalty karena terlambat dalam proses pengiriman pesanan. Perhitungan diawali dengan melakukan pengukuran kerja menggunakan metode Stopwatch Time Study dan dilanjutkan menghitung kapasitas dengan ketiga metode RCCP yaitu CPOF, BOLA, dan RP. Perhitungan selisih antara kapasitas yang dibutuhkan dan kapasitas tersedia berdasarkan metode CPOF, BOL, dan RP, terdapat kekurangan kapasitas pada proses Bogie Frame Assy dan Spring Plank Bogie TB 1014 serta Bogie Frame Assy Bogie MB 207 dan TB 607. Total kekurangan kapasitas yang terjadi saat ini berdasarkan Tentative Schedule yang telah disusun yaitu sebesar 2.916.872,227 menit. Perbaikan yang dapat dilakukan untuk pemenuhan kekurangan kapasitas tersebut yaitu penambahan mesin dan operator, revisi Tentative Schedule dan sub kontrak. Penambahan mesin dan operator disusun dalam tiga alternatif mengingat harga mesin yang cukup mahal. Alternatif pertama penambahan mesin dilakukan pada semua elemen kerja yang mengalami banyak kekurangan. Alternatif kedua dilakukan penambahan pada elemen kerja yang memiliki mesin dengan utilitas yang tinggi. Sedangkan alternatif ketiga penambahan mesin dilakukan pada elemen kerja yang mengalami kekurangan kapasitas kecuali elemen kerja yang menggunakan mesin yang sangat mahal tidak ditambahkan meskipun mengalami kekurangan kapasitas. Apabila penambahan mesin dan operator yang digunakan adalah strategi satu maka kekurangan kapasitas yang terjadi yaitu sebesar 861,663 menit dengan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 29.171.177.730. Jika strategi dua, kukurangan kapasitas yang terjadi sebesar 374.067,732 menit dengan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 27.728.835.240. Sedangkan jika strategi tiga yang digunakan maka kekurangan kapasitas yang terjadi yaitu sebesar 550.279,52 menit dengan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp. 2.270.584.290.

English Abstract

PT Industri Kereta Api (INKA) is the only one company in Indonesia that produce train. The rise of passenger number recently have affected to INKA. According to INKA’s Production Planning Manager, the demand for 2015 worth 1.05 trillion and it increased to 1.7 trillion in 2016. The trend is continued with 2.1 trillion worth in 2017. By 2021, INKA have been targeted the project worth of 3.5 trillion. This growth plan makes INKA should be able to increase capacity so that all orders can be fulfilled and not sanctioned penalty for being late in the process of shipping orders. Calculation begins with doing work measurement using Stopwatch Time Study method and continued to calculate capacity with three Rough Cut Capacity Planning method that is Capacity Planning Using Overall Factor, Bill Of Labour, and Resource Planning. Difference between the capacity required and available capacity based on Capacity Planning Using Overall Factor, Bill Of Labour, and Resource Planning method, there is a lack of capacity at the Bogie Frame Assy and TB Bogie Plank Spring 1014 and Bogie Bogie Frame Assy 207 MB and 607 TB. Sum of capacity shortage that occurred at this time based on the Tentative Schedule which has been drawn is 2,916,872.227 minutes. Improvements that can be done to fulfillment capacity shortage is addition of machine and operator, revised Tentative Schedule and subcontracting. The addition of machines and operators is arranged in three alternatives considering the price of the machine is quite expensive. The first alternative of the addition machines and operators is done on all elements of work that experience many shortcomings. The second alternative is an addition to the working elements that have machines with high utility. While the third alternative to the addition of machines is done on work elements that experience a lack of capacity unless working elements that use very expensive machines are not added despite the lack of capacity. If the addition of machines and operators used first strategy then the lack of capacity that happened is equal to 861.663 minutes with the required cost of Rp. 29.171.177.730. If used second strategy, the lack of capacity that happened is equal to 374.067,732 minutes with the required cost of Rp. 27.728.835.240 . Whereas if used the third strategy then the lack of capacity that occurs is equal to 550.279,52 minutes with the required cost of Rp. 2.270.584.290.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/614/051707207
Uncontrolled Keywords: Produksi Bogie, perencanaan kapasitas, Rough Cut Capacity Planning, Stopwatch Time Study
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 625 Engineering of railroads and roads > 625.2 Railroads rolling stock
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Aug 2017 07:48
Last Modified: 02 Oct 2020 05:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1660
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item