Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Magetan (Studi pada SMPN 2 Sukomoro Kabupaten Magetan)

Putri, Tisha Windianty Kusuma (2018) Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Magetan (Studi pada SMPN 2 Sukomoro Kabupaten Magetan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan Kurikulum 2013 merupakan kurikulum terbaru pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) seperti yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Kebijakan Kurikulum 2013. KTSP diganti karena dianggap belum mampu memberikan hasil yang maksimal terhadap pendidikan di Indonesia. SMPN 2 Sukomoro merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Tingkat Menengah Pertama di Kabupaten Magetan yang mulai tahun ajaran baru 2017/ 2018 diwajibkan menggunakakan kebijakan kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan kebijakan kurikulum 2013 di SMPN 2 Sukomoro mengalami beberapa permasalahan meliputi sosialisasi kurikulum 2013, rendahnya pemahaman guru dan siswa terkait kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan kurikulum 2013 tingkat sekolah menengah pertama di Kabupaten Magetan, faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakkan adalah dengan menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah Kabupaten magetan dan SMPN 2 Sukomoro sebagai situs penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum tingkat sekolah menengah pertama di Kabupaten Magetan belum terlaksana dengan baik berdasarkan tahap implementasi menurut Charles O. Jones dalam Widodo (2012:91) yang meliputi tahap interpretasi, tahap pengorganisasian, dan tahap aplikasi. Hal ini dikarenakan belum berjalannya seluruh tahap implementasi dalam kebijakan kurikulum 2013. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kebijakan kurikulum 2013. Adapun faktor pendukung meliputi semangat belajar dari guru dan siswa, ketersediaan buku paket, Diklat yang dilakukan dinas terkait, dan sumber dana. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya sosialisasi, sumber daya manusia yang tidak bisa mengoperasikan perangkat komputer, guru dan siswa masih menggunakan metode pembelajaran kurikulum, kurangnya sarana prasarana. Adapun saran peneliti yakni pihak Dinas Pendidikan lebih menggalakkan sosialisasi, pihak sekolah mengalokasikan dana untuk pembinaan guru dan siswa untuk melaksanakan pelatihan komputer, guru harus mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan, dan Dinas Pendidikan menambahkan modul dan melengkapi sarana prasarana yang kurang.

English Abstract

Curriculum policy 2013 is the latest curriculum of education unit level curriculum (KTSP) which is stated in the law number 81A of 2013. The 2013 curriculum is applied because the previous curriculum of KTSP is considered as not being able to give maximum result to the education in Indonesia. SMPN 2 Sukomoro is the first education institution in Magetan district which starting from the new academic year of 2017/2018 required to use the policy of curriculum 2013. In the implementation of the policy of curriculum 2013 for junior high school level in SMPN 2 Sukomoro encountered several problems covering the socialization of the 2013 curriculum, the low understanding of teachers and students related to the 2013 curriculum. This study aims to describe and analyze the implementation of the curriculum policy of junior high school level in Magetan district, supporting factors and obstacles factors to the implementation of the 2013 curriculum policy. This research using descriptive observation with a qualitative approach with data analysis techniques that is to use data analysis interactive model by Miles, Huberman and Saldana (2014), which consists of data collection, condensation, data presentation, and conclusion. The location of this research is Magetan Regency and SMPN 2 Sukomoro as research sites. The result of the study shows that the implementation of curriculum policy in junior high school level in Magetan District has not been able to be categorized as good category based on the implementation stage ofCharles O. Jones in Widodo (2012:91) which includes the stage of interpretation, organizing phase, and application stage. This is because it not run well throughout the implementation phase in the curriculum policy of junior high school level in Magetan district. There are supporting factors and obstacles in the implementation of curriculum policy 2013. The supporting factors include the spirit of learning from teachers and students, the availability of textbooks, the training conducted by related agencies, and sources of funds. Obstacles factors include lack of socialization, human resources who can not operate computer, teachers and students still use old learning methods that are not in accordance with the 2013 curriculum, lack of facilities and infrastructure. As for the researcher's suggestion that the education department is encouraging socialization, the school allocated fund for the development of teachers and students to carry out computer training, should be able to create a fun learning atmosphere, and the education office add module and complete the lack of infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/525/051807719
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan Publik, Pendidikan, Kurikulum 2013-Implementation, Public Policy, Education, Curriculum 2013
Subjects: 300 Social sciences > 375 Curricula
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Sep 2019 01:41
Last Modified: 25 Oct 2021 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165986
[thumbnail of Tisha Windianty Kusuma Putri.pdf]
Preview
Text
Tisha Windianty Kusuma Putri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item