Implementasi Layanan Pojok Braille (Lapo Bra) Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Pemustaka Tunanetra (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)

Yuliyanto, Mochammad Amin Dwi (2018) Implementasi Layanan Pojok Braille (Lapo Bra) Dalam Meningkatkan Literasi Informasi Pemustaka Tunanetra (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan adalah pusat untuk mengembangkan kemampuan literasi informasi. Literasi informasi merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola informasi. Literasi informasi juga dibutuhkan oleh penyandang tunanetra untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang dihadapi. Literasi informasi merupakan kemampuan yang penting dalam segala aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Layanan Pojok Braille (Lapo BRA) dalam meningkatkan literasi informasi penyandang tunanetra pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Literasi informasi tersebut dinilai menggunakan model literasi informasi empowering 8 yang meliputi mengidentifikasi, mengeksplorasi, menyeleksi, mengorganisasi, membuat, mempresentasi, menilai, dan mengaplikasi. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif dari Milles Huberman dan Saldana yang mencakup reduksi data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Layanan Pojok Braille (Lapo BRA) berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembuatan kebijakan publik. Implementasi yang baik tersebut dapat mempengaruhi tingkat literasi informasi penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra telah mampu melakukan tahapan dari empowering 8 yaitu mengidentifikasi, mengeksplorasi, menyeleksi, mengorganisasi, membuat, mempresentasi, menilai, dan mengaplikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa Lapo BRA perlu meningkatkan fasilias internet dan menambah tenaga perpustakaan. Lapo Bra juga perlu membuat program khusus untuk meningkatkan tingkat literasi informasi penyandang tunanetra.

English Abstract

The library is central to developing information literacy capabilities. Literasi information is a person's ability to manage information. Literasi information is also needed by people with visual impairment to solve various problems encountered. Information literacy is an important capability in all aspects of life. This study aims to describe the implementation of Service Braille Corner (Lapo BRA) in improving the information literacy of the blind at the Office of Public Library and Regional Archives of Malang. The information literacy is assessed using the empowering information literacy model 8 which includes identifying, exploring, selecting, organizing, creating, presenting, appraising, and applying. This research is qualitative with descriptive approach. Data collection techniques used were interviews. Data analysis used interactive models from Milles Huberman and Saldana which included data reduction, data condensation, data presentation, and conclusions. The results show that the implementation of Service Braille Corner (Lapo BRA) runs well in accordance with the objectives of public policy making. Such a good implementation may affect the literacy rate of information for people with visual impairment. People with visual impairment have been able to perform the stages of empowering 8 that is identifying, exploring, selecting, organizing, making, presenting, appraising, and applying. Based on the results of research can be suggested that Lapo BRA needs to improve the internet facilities and add libraries. Lapo Bra also needs to create a special program to increase the literacy level of information with visual impairment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/510/051807704
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi Informasi, Tunanetra, Implementation, Information Literacy, Visual Impairment
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.4 People with physical disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:33
Last Modified: 28 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165937
[thumbnail of Mochammad Amin Dwi Yuliyanto.pdf]
Preview
Text
Mochammad Amin Dwi Yuliyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item