Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Faktur Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak

Ismoyo, Trinandha Yudha (2018) Pengaruh Inovasi Pelayanan Publik Melalui Program E-Faktur Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya dunia perekonomian membawa dampak positif terhadap bertambahnya penerimaan pendapatan Negara dari sektor perpajakan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dibawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia selaku penanggung jawab melakukan berbagai upaya dan terobosan akan pelayanan. Salah satu terobosan inovasi dalam sistem administrasi perpajakan adalah e-Faktur. Program e-Faktur ini telah dilaksanakan oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang ada Di Indonesia, salah satunya adalah KPP Pratama Malang selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Pengaruh program e-Faktur terhadap kualitas pelayanan publik; (2) Pengaruh program e-Faktur terhadap Kepatuhan PKP. Sumber data yang digunakan peneliti berdasarkan dari Kuesioner yang telah dijawab oleh responden. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pada inovasi yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui program e-Faktur memiliki pengaruh yang terhadap kualitas pelayanan dan Kepatuhan Pengusaha Kena Pajak yang ada di KPP Pratama Malang selatan. Penelitian ini membuktikan bahwa pernyataan atas inovasi yang dilakukan oleh DJP melalui Program E-Faktur memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan publik dan kepatuhan PKP akan faktur pajaknya. Ini dibuktikan dengan adanya hasil uji statistik dari kuesioner yang telah dikumpulkan dilapangan sebesar 66,6% untuk hubungan program e-Faktur dengan kualitas pelayanan publik. Dan sebesar 27,1% untuk hubungan program e-Faktur dengan kepatuhan PKP. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah dari Program e-Faktur yang telah berjalan dalam meningkatkan pelayanan publik masih butuh perhatian khusus. terutama sosialisasi, Karena masyarakat terutama PKP sebagian masih belum paham terhadap program tersebut. Dan fasilitas akan akses menuju sistem e-Faktur dipermudah lagi terutama kehandalan akses informasi dan perbaikan data.

English Abstract

The development of the world economy give positive impact on the increase in the state income tax . Directorate General of Tax (DGT) under the auspices of the Ministry of Finance of the Republic of Indonesia as the person in charge of various efforts and breakthroughs of services. One of the breakthrough innovations in tax administration system is e-Faktur This program has been implemented by the Tax Office (KPP) in Indonesia, one of which is KPP Pratama Malang selatan. This research uses quantitative descriptive research methods and is limited by two research focuses namely (1) Effect of e-invoice program on public service quality; (2) Effect of e-invoice program on PKP Compliance. Sources of data used by researchers based on questionnaires that have been answered by respondents. The result of this research is known that the innovation given by Directorate General of Tax (DGT) through e-invoice program has an effect on the service quality and Taxable Entrepreneur Compliance in KPP Pratama Malang Selatan. This research prove that a statement over innovation by DJP through the program of e-Faktur to have an influence on the quality of public service and PKP Compliance. Is proven with the results statistical tests from the questionnaire have been collected, of 66,6 % to relations program e-Faktur with the quality of public services. Of 27,1 % to relations program e-Faktur with taxable enterprise compliance. Recommendations that can be given from the results of this study is From e-invoice Program that has been running in improving public services still need special attention especially socialization, because the community especially PKP who need the program some still do not understand the program. And facilities will access to e-Faktur system simplified again especially the reliability of information access and data repair. Thus PKP will better fulfill its obligations as Taxpayer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/655/051808675
Uncontrolled Keywords: Inovasi, program e-Faktur, Kualitias Pelayanan publik, Kepatuhan PKP, innovation, e-Faktur, quality of public service, PKP compliance
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Mar 2019 02:35
Last Modified: 28 Oct 2021 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165846
[thumbnail of TRINANDHA YUDHA ISMOYO.pdf] Text
TRINANDHA YUDHA ISMOYO.pdf

Download (34MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item