Manajemen Risiko Pemasaran Roti Sisir Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Ukm Roti Matahari Kota Pasuruan, Jawa Timur)

Navyanto, Eko (2018) Manajemen Risiko Pemasaran Roti Sisir Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus Di Ukm Roti Matahari Kota Pasuruan, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Roti merupakan salah satu produk makanan yang terbuat dari tepung terigu yang di fermentasikan dengan ragi roti Saccharomyces cerevisiae, air atau tanpa penambahan makanan lain yang diolah dengan cara di panggang. Roti sisir merupakan salah satu produk roti yang digemari di Indonesia. Perusahaan Roti Matahari merupakan salah satu perusahaan di bidang bakery yang produknya berupa roti sisir. Perusahaan Roti Matahari mendistribusikan produk roti sisir ke berbagai daerah, yaitu Surabaya, Malang, Jember, Mojokerto, Madura, Solo, Jakarta dan Bali. Proses pemasaran roti sisir ke berbagai daerah memungkinkan terjadinya risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan. Risiko tersebut dapat menjadi kendala bagi keberhasilan pemasaran produk yang akan berpengaruh terhadap laba. Risiko yang dihadapi perusahaan seperti produk ditolak konsumen karena cacat, produk yang mudah rusak saat pengiriman, penjualan yang fluktuatif dan tidak sesuai target, keterlambatan pengiriman, harga yang lebih tinggi dari pesaing, keterbatasan wilayah penjualan dan produk yang kurang dikenal konsumen. Penelitian ini menggunakan metode FMEA (Failure Mode Effect Analysis). Kemudian dilanjutkan dengan penentuan strategi AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk menentukan mitigasi risiko. Berdasarkan hasil dari penilaian risiko dengan menggunakan metode FMEA yaitu pada variabel produk risiko yang memiliki nilai PRN tertinggi yaitu variabel produk yang mudah rusak saat pengiriman dengan nilai 1,26. Pada variabel harga risiko yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu risiko harga yang lebih tinggi dari pesaing dengan nilai 33,25. Pada variabel ix promosi yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu produk kurang dikenal konsumen dengan nilai 49,5. Pada variabel tempat RPN tertinggi adalah keterlambatan pengiriman dengan nilai 111,03. Setelah dilakukan analisis AHP prioritas strategi mitigasi pemasaran di UKM Roti Matahari yaitu terdapat pada kriteria tempat dengan alternatif strategi menambah cabang baru, membuat SOP pengiriman dan menentukan saluran distribusi.

English Abstract

Bread is one food product made from wheat flour fermented with yeast bread Saccharomyces cerevisiae, water or without the addition of other foods are processed by way of roast. Bread comb is one of the favorite bread products in Indonesia. Roti Matahari Company is one of the companies in the field of bakery whose products are bread comb. Roti Matahari Company distributes bread comb products to various regions, namely Surabaya, Malang, Jember, Mojokerto, Madura, Solo, Jakarta and Bali. The marketing process of bread comb to various regions allows the risk that will be faced by the company. These risks can be an obstacle to the success of product marketing that will affect earnings. Risks faced by companies such as products rejected by consumers because of defects, products that are easily damaged during delivery, sales are fluctuating and not on target, delivery delays, higher prices than competitors, limited sales territories and products less familiar to consumers. This research uses FMEA (Failure Mode Effect Analysis) method. Then proceed with the determination of AHP strategy (Analytical Hierarchy Process) to dteremine risk mitigation Based on the result of risk assessment using FMEA method that is on the risk product variable which has the highest PRN value that is the product variables that can be easily damaged when delivery with the value of 1.26. At variable price of risk which have highest RPN value that is higher price risk from competitor with value 33,25. On the promotion variable that has the highest RPN value is the product is less known to consumers with a value of 49.5. In the variable where the xi highest RPN is the delay of delivery with the value of 111.03. after the AHP analysis The priority of marketing mitigation strategy in Roti Matahari company is in place criteria with alternative strategies of adding new branches, making SOPs of delivery and determining distribution channels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/143/051803702
Uncontrolled Keywords: Mitigasi, Pemasaran, Risiko, Roti Sisir / Mitigation, Marketing, Risk, Bread Comb
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Aug 2019 02:40
Last Modified: 06 Jan 2022 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165823
[thumbnail of Eko Navyanto.pdf]
Preview
Text
Eko Navyanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item