Penyelenggaraan Layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang)

Dewi, Bella Citra (2018) Penyelenggaraan Layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini (Studi Pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Memiliki minat baca merupakan suatu langkah untuk mencapai masyarakat yang literat secara informasi. Dengan memiliki minat baca yang tinggi masyarakat akan terdorong untuk membaca dan menambah pengetahuannya. Minat baca perlu ditumbuh kembangkan sejak usia dini sebab pada masa ini manusia lebih mudah menerima arahan dan himbauan serta menumbuhkan kebiasaan. Dalam hal ini perpustakaan sebagai pelayan publik yang bergerak dalam bidang informasi merupakan agen utama dalam melaksanakan peningkatan minat baca. Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang telah menyelenggarakan suatu layanan yang dinamakan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak, ditujukan untuk secara khusus mengembangkan minat baca pada anak melalui fasilitas dan kegiatan pelayanan yang dilaksanakan. Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana penyelenggaraan layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak dalam meningkatkan minat baca anak usia dini di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, sehingga di dalam penelitian ini dibahas jenis layanan yang dilakukan layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak dalam meningkatkan minat baca anak usia dini, serta kualitas penyelenggaraan layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk penelitian perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa penyelenggaraan layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak pada Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, dalam pelaksanaan layanan teknis dan layanan pengguna untuk meningkatkan minat baca anak usia dini sebagian besar telah sesuai dengan teori peningkatan minat baca. Kesenjangan antara teori dan praktik peningkatan minat baca disebabkan oleh kekurangan sumber daya manusia dan anggaran. Kualitas penyelenggaraan layanan Ruang Baca Ramah dan Layak Anak juga sudah baik karena telah memenuhi 5 indikator penilaian kualitas pelayanan publik berdasarkan teori SERVQUAL meskipun masih terdapat kritik dari pengguna yang menginginkan agar pelayanan yang diberikan dapat terus meningkat.

English Abstract

Having interest in reading is a step to achieve literacy information society. By having a high reading interest people will be encouraged to read and increase their knowledge. Reading interest needs to be grown since the early age because at this time humans are more receptive to suggestions, appeals and fostering habits. In this case, the library as a public servant engaged in the field of information is the main agent to develop interest in reading. The Public Library and Archives Office of Malang has organized a service called Ruang Baca Ramah dan Layak Anak, aimed specifically to develop reading interest in children through the facilities and services activities undertaken. This research tries to find out how the service of Ruang Baca Ramah dan Layak Anak in Public Library and Archives Office of Malang in improving reading interest of early age. So that in this research is discussed the kind of service undertaken by Ruang Baca Ramah dan Layak Anak in increasing reading interest of early age, also about the service quality of Ruang Baca Ramah dan Layak Anak. This research uses qualitative for library research methodology. Based on the results of the research, it is found that the service of Ruang Baca Ramah dan Layak Anak at the Public Library and Archives Office of Malang, in the implementation of technical service and user service to improve the early age’s interest of reading has been largely in accordance with the theory of increasing interest in reading. The gap between the theory and practice of increasing reading interest is caused by a lack of human and budgetary resources. The service quality by Ruang Baca Ramah dan Layak Anak is also good because it has fulfilled 5 indicators of public service quality assessment based on SERVQUAL theory, although there is still criticism from users who want the services to continue to increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/422/051806430
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Anak Usia Dini, Layanan, Kualitas Reading Interest, Early Age, Service, Quality
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 028 Reading and use of other information media > 028.9 Reading interests and habits
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Aug 2019 01:39
Last Modified: 12 Jun 2023 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165756
[thumbnail of Bella Citra Dewi.pdf] Text
Bella Citra Dewi.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item