Strategi Mitigasi Risiko Pada Pemasaran Tahu Takwa Di UD Gudange Tahu Takwa (GTT) Kediri Menggunakan Fuzzy FMEA Dan AHP

Wardhana, Dhian Tris Setya (2018) Strategi Mitigasi Risiko Pada Pemasaran Tahu Takwa Di UD Gudange Tahu Takwa (GTT) Kediri Menggunakan Fuzzy FMEA Dan AHP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kediri merupakan kawasan perkotaan yang sedang berkembang, banyak unit-unit usaha industri yang sedang berkembang dengan skala usaha yang bervariasi meliputi industri kecil, menengah, dan besar. Industri kecil dan menengah sebagian besar bergerak dalam produksi pangan. Salah satu unit usaha yang sedang berkembang adalah pengolahan pangan yang berbahan dari kedelai. Masyarakat umum menyebut bahwa Kediri adalah gudangnya tahu. Hal tersebut dikarenakan begitu banyaknya olahan industri kecil yang bergerak pada bidang pengolahan kedelai. Salah satu UKM yang memproduksi olahan kedelai menjadi tahu adalah UD Gudange Tahu Takwa (GTT) Kediri. Penelitian ini dilakukan di UD Gudange Tahu Takwa (GTT) Kediri. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan mengidentifikasi risiko utama yag terjadi pada proses pemasaran dengan menggunakan metode Fuzzy FMEA. Setelah itu menentukan strategi mitigasi risiko yang perlu diterapkan UD GTT Kediri guna mengurangi risiko yang timbul menggunakan metode AHP. viii Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy FMEA dan AHP. Dari hasil penelitian menggunakan metode Fuzzy FMEA, risiko yang sering terjadi pada variabel produk adalah produk kurang diminati dengan FRPN 6,75. Pada variabel harga, risiko tertinggi terdapat pada munculnya pesaing baru dengan harga relatif murah dengan FRPN 5,78. Variabel promosi risiko utamanya adalah promosi yang dilakukan kurang efektif dengan FRPN 6,03. Variabel tempat, risiko tertingginya adalah konsumen sulit menjangkau produk dengan FRPN 6,20. Hasil penelitian menggunakan metode AHP menunjukkan bahwa kriteria harga mempunyai bobot paling tinggi dengan alternatif strategi memberikan diskon, diikuti kriteria promosi dengan alternatif strategi meningkatkan pembelian ulang. Kriteria produk dengan alternatif strategi inovasi produk serta kriteria tempat dengan strategi penambahan armada transportasi.

English Abstract

Kediri is an emerging urban area, many developing industrial units with varying business scales covering small, medium and large industries. Small and medium industries are mostly enganged in food production. One of the growing business units is food processing made from soybeans. Therefore, the general public mentions that Kediri is a warehouse of tofu. This is because so many processed small industries that progress on the field of soybean processing. One of the SMEs that produce soybean processed to know is UD GUdange Tahu Takwa (GTT) Kediri. This research was conducted at UD Gudange Tahu Takwa (GTT) Kediri. The expected goal of this research is to determine and identify the main risks that occur in the marketing process by using Fuzzy FMEA method. After that determine the risk mitigation strategies that need to be applied UD GTT Kediri to reduce the risks that arise using AHP method. The method used in this research is Fuzzy FMEA and AHP. From the results of the research using Fuzzy FMEA method, the risk that often occurs in product variables is less x desirable product with FRPN 6.75. In the price variable, the highest risk is in the emergence of new competitors with the relatively cheap price with FRPN 5.78. The main risk-promoting variable is a campaign that is less effective with FRPN 6.03. Place variables, the highest risk is the consumer difficult to reach the product with FRPN 6.20. The results showed that the price criteria had the highest role with an alternative discount strategy, included by promotion criteria with alternative strategies to increase repeat purchase. Product specifications with alternative product innovation strategies, as well as place criteria with the strategy of adding a fleet of transportation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/102/051802941
Uncontrolled Keywords: Risiko, Pemasaran, Strategi / Risk, Marketing, Strategy
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2019 09:01
Last Modified: 06 Jan 2022 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165732
[thumbnail of Dhian Tris Setya Wardhana.pdf] Text
Dhian Tris Setya Wardhana.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (22kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (10kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item