Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016)

Syahrefah, Muhammad Gilbal (2018) Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi pada perusahaan manufaktur industri barang konsumsi tahun 2013-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanggung Jawab sosial perusahaan merupakan praktik bisnis transparan, yang didasarkan pada nilai-nilai etika, dengan memberikan perhatian pada karyawan, masyarakat dan lingkungan, serta dirancang untuk dapat memenuhi keinginan para pemegang saham dan juga masyarakat secara umum. Atas dasar hal ini, penelitian ini didasarkan pada keyakinan (ontologi) bahwa Tanggung Jawab sosial perusahaan adalah bentuk tanggung jawab bisnis yang berorientasi pada pemenuhan harapan publik terhadap keberadaan suatu bisnis dengan harapan perusahaan memperoleh legitimasi dari public. Ada beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial, yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Penelitian ini menguji pengungkapan tanggung jawab sosial perushaaan manufaktur industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2016. Sampel penelitian ini adalah 22 perusahaan yang sesuai dengan kriteria selama periode penelitian. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Dari hasil Uji Koefisien Determinasi (R2) didapat nilai sebesar 42,7% Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat dijelaskan oleh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage, sedangkan sisanya 57,3% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage. Dari hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Variabel Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Dari hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) dapat dikatakan bahwa Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

English Abstract

Corporate Social Responsibility is a transparent business practices, which are based on ethical values, by giving attention to the employees, society and environment, and designed to meet the wishes of shareholders and also society in general. On the basis of this, this research is based on the belief (ontology) that Corporate Social Responsibility is a form of responsibility-oriented businesses in the fulfillment of public expectations concerning the existence of a company's business in the hope of obtaining legitimacy from the public. There are several factors which is affected to disclose of corporate social responsibility. Size, profitability and leverage is three of them. The purpose of this research was to examine the influence of Size, Profitability and Leverage toward on Corporate Social Responsibility Disclosure. This study examined the Corporate Social Responsibility Disclosure of consumer goods manufacturing industry in the Indonesia Stock Exchange during period 2013-2016. The sample was 22 companies which according to the criteria during the research period. The data used are secondary data retrieved by the method of documentation. From the test results of the coefficient of determination (R2) obtained a value of 42,7% Corporate Social Responsibility Disclosure can be explained by Size, Profitability and Leverage, while the rest 57,3% explained by other factors outside the variable Size, Profitability and Leverage. From the results of the partial hypothesis testing (t test) obtained the result that variable Size has significant influence on the Corporate Social Responsibility Disclosure. Variable Profitability and Leverage has not significant influence on Corporate Social Responsibility Disclosure. From the results of hypothesis testing significantly (F test) can be said there is a significant influence silmutaneously between the Size, Profitability and Leverage of the Corporate Social Responsibility Disclosure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1131/051900960
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.-Size, Profitability, Leverage, Corporate Social Responsibility Disclosure.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:10
Last Modified: 25 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165718
[thumbnail of Muhammad Gilbal Syahrefah.pdf]
Preview
Text
Muhammad Gilbal Syahrefah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item