Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Social Media dan Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan (Studi Penggunaan Social Media Facebook dan Komunitas pada PT. Yukbisnis Indonesia, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat)

Putra, Aditya Rizki Pradana (2018) Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Social Media dan Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan (Studi Penggunaan Social Media Facebook dan Komunitas pada PT. Yukbisnis Indonesia, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Yukbisnis Indonesia yang berbasis social media facebook dan komunitas. Sebuah kombinasi yang masih jarang diterapkan oleh perusahaan dibidang sejenis sebagai upaya meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) implementasi atau penerapan strategi pemasaran yang berbasis social media (facebook) dan komunitas pada PT Yukbisnis Indonesia sebagai upaya peningkatan keunggulan bersaing perusahaan (2) menganalisis efektifitas implementasi strategi pemasaran berbasis social media (facebook) dan komunitas yang dilakukan PT. Yukbisnis Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk lokasi penelitiannya adalah PT. Yukbisnis Indonesia yang beralamat di jalan Wangsacitra Wetan no 3, Tatar Wangsakerta Kota Baru Parahyangan Kec. Padalarang, Kab. Bandung Barat. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan narasumber yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) PT. Yukbisnis Indonesia memiliki strategi pemasaran berupa komunikasi pemasaran yang di dalamnya terdapat bauran pemasaran (promotion mix) yaitu periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, serta penjualan personal yang diterapkan melalui social media (facebook) serta komunitas ; (2) implementasi strategi pemasaran berbasis media sosial facebook dan komunitas oleh PT. Yukbisnis Indonesia dinilai efektif dalam membantu meningkatkan jumlah member www.yukbisnis.com serta sekaligus meningkatkan penjualan produk jasa pembuatan website.

English Abstract

The background of doing this research is to find out how the marketing strategy implementation carried out by PT. Yukbisnis Indonesia which is based on social media (facebook) and community, a combination that is still rarely applied by companies in the same field as an effort to improve the company's competitive advantage. This study aims to explain (1) the implementation of a social media (facebook) based marketing strategy and community at PT. Yukbisnis Indonesia as an effort to improve the company's competitive advantage (2) analyze the effectiveness of the implementation of marketing strategies based on social media (facebook) and community by PT. Yukbisnis Indonesia. This study uses a type of descriptive research with a qualitative approach, for the research location is PT. Yukbisnis Indonesia which is located at Wangsacitra Wetan Street no 3, Tatar Wangsakerta Kota Baru Parahyangan, Padalarang Subdistrict, West Bandung Regency. The primary data source is obtained from interviews with related sources, while the secondary data is obtained from documents related to the research topic. The technique of collecting data through interviews and documentation. The results of the study show that : (1) PT. Yukbisnis Indonesia has a marketing strategy in the form of marketing communication in which there is a promotion mix such as advertising, sales promotion, public relations and publicity, direct marketing, and personal sales that are implemented through social media (facebook) and community ; (2) implementation marketing strategy based on social media facebook and community by PT. Yukbisnis Indonesia is considered effective in helping to increase the number of members of www.yukbisnis.com and at the same time increasing sales of website creation services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1108/051900884
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Facebook, Komunitas, Keunggulan Bersaing.-Marketing Strategy, Marketing Mix, Facebook, Community, Competitive Advantage.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Jun 2019 01:16
Last Modified: 25 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165682
[thumbnail of Aditya Rizki Pradana Putra.pdf]
Preview
Text
Aditya Rizki Pradana Putra.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item