Budgetary Slack Penjualan Dan Produksi : Upaya Memaksimalkan Perolehan Laba Akhir Di Periode Anggaran (Studi Kasus Pada Proses Penyusunan Di Sebuah Bumn)

Ghazi, Achmad Fariz (2018) Budgetary Slack Penjualan Dan Produksi : Upaya Memaksimalkan Perolehan Laba Akhir Di Periode Anggaran (Studi Kasus Pada Proses Penyusunan Di Sebuah Bumn). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dart penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam praktik budgetary slack sebagaimana yang dipraktikkan oleh aktor anggaran pada penyusunan anggaran BUMN. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran, yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan partisipasi yang diterapkan dalam proses penyusunan anggaran menjadi pemicu terjadinya praktik budgetary slack. Praktik budgetary slack yang tercipta pada anggaran penjualan dan produksi bertujuan untuk mencapai laba maksimal di akhir periode anggaran. Asimetri informasi dan kejelasan sasaran anggaran merupakan aspek perilaku manusia yang muncul di dalam praktik budgetary slack. Di ramping itu, mekanisme partisipasi yang diterapkan cenderung menunjukkan gejala partisipasi semu. Fakta sosial menunjukkan bahwa praktik budgetary slack yang tercipta disebabkan oleh aspek perilaku manusia yang termotivasi oleh aspek materiil atau keuangan

English Abstract

The objective of this research is to obtain an in-depth insight about budgetary slack practices performed by managers during the budgeting processes of a state-owned enterprise. This research uses qualitative research methods with interpretive paradigm using a case study approach. The data is collected through interviews, supported by observation and documentation, with informants involved in planning and budgeting process . The results of this research indicate that participatory approach adopted in the budgeting process is the trigger of budgetary slack practice. The practice created in the budgeting of sales and production is aimed at achieving maximum profit at the end of the budget period. Asymmetric information and goal clarity are aspects of human behavior that appear in budgetary slack practice. In addition, the applied participation mechanism tends to show symptoms of pseudo participation. Social facts show that budgetary slack practice is created by aspects of human behavior that are motivated by material or financial aspects.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.154/CHJA/b/2018/041805071
Uncontrolled Keywords: BUDGET IN BUSINESS, BUDGET - PLANNING, SALES, PRODUCTION MANAGEMENT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.154 Budgeting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Mar 2019 06:52
Last Modified: 20 Mar 2019 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165667
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item