Fatmawati, Nila (2018) Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Kendalsari Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan merupakan jasa yang dibutuhkan oleh semua orang. Dalam kehidupan sehari-hari manusia banyak membutuhkan pelayanan misalnya pelayanan transportasi, kesehatan, pendidikan dan masih banyak lagi pelayanan lainnya. Di tingkat pemerintah daerah kota ataupun kabupaten, masyarakat dapat menggunakan fasilitas kesehatan yang diadakan oleh rumah sakit ataupun pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS). Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sangat membutuhkan kerjasama tim yang baik, sehingga kualitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh setiap Puskesmas dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat atau pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dari penelitian ini adalah proses pelayanan kesehatan dan jenis pelayanan yang ada di Puskesmas Kendalsari Kota Malang dalam melaksanakan pelayanan kesehatan pada masyarakat miskin. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Kendalsari Kota Malang Jl. Cengger Ayam I No. 8 Malang. Sumber data berasal dari sumber data primer yang berupa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penelitian sendiri sebagai instrumen utama. Sedangkan teknik analisis data yang diperoleh menggunakan prosedur tahap penyajian data, tahap komparasi dan tahap penyajian hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah proses pelayanan kesehatan di Puskesmas Kendalsari Kota Malang sudah berjalan dengan baik, proses atau alur yang jelas dengan adanya pemasangan informasi tentang alur pelayanan sangat membantu pasien dalam melakukan kegiatan berobat pada Puskesmas. Persyaratan pelayanan yang mudah dan tidak berbelit-belit juga membantu proses berjalan dengan baik, jenis layanan yang lengkap memudahkan masyarakat untuk berobat di Puskesmas. Kualitas pelayanan mengenai penjaminan yang diberikan oleh Puskesmas sudah baik dan pelayanan yang diberikan sudah menjadi kepercayaan masyarakat. Sedangkan hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh Puskesmas Kendalsari ini adalah SDM, kurang tertibnya administrasi baik itu pelaporan kegiatan, pemenuhan kebutuhan data untuk kepegawaian maupun kebutuhan program. Agar pelayanan kesehatan berjalan dengan baik sebaiknya pasien memberikan masukan terhadap kinerja pegawai lewat email yang telah dipasang dikaca setiap poli sehingga dapat mengevaluasi pelayanan yang diberikan.
English Abstract
Service is a service that is needed by everyone. In everyday life, people need services such as transportation, health, education and many other services. At the level of the city or district government, the community can use health facilities held by hospitals or community health centers (PUSKESMAS). To get maximum results requires a good teamwork, so that the quality of health services performed by each Puskesmas can provide maximum service for the community or patient. This research is a descriptive study with a qualitative approach. The focus of this study is the process of health services and the types of services available in the Kendalsari Health Center in Malang City in implementing health services for the poor. The location of this study was conducted at Kendalsari Public Health Center, Malang City Jl. Cengger Ayam I No. 8 Malang. Data sources come from primary data sources in the form of interviews, observation and documentation. Data collection techniques are carried out using own research as the main instrument. While the data analysis techniques obtained using the procedure of data presentation stage, comparative stage and presentation stage of research results. The results of this study are the process of health services at the Kendalsari Health Center Malang City has been going well, a clear process or flow with the installation of information about the flow of services is very helpful for patients in conducting treatment at the Puskesmas. Easy and non-convoluted service requirements also help the process run well, a complete type of service makes it easy for people to seek treatment at the Puskesmas. The quality of service regarding guarantees provided by Puskesmas is good and the services provided have become public trust. While the obstacles and challenges faced by the Kendalsari Health Center are human resources, lack of administrative discipline, both reporting activities, meeting data needs for staffing and program needs. In order for health services to run well, patients should provide input on the performance of employees through e-mails that have been posted in each poly, so that they can evaluate the services provided.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/1094/051900870 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 06:59 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 03:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165570 |
Preview |
Text
Nila Fatmawati.pdf Download (7MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |