Implementasi Kebijakan E-Tax Dalam Pengelolaan Pajak Hotel (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Mahardhia, Tiya Arum (2018) Implementasi Kebijakan E-Tax Dalam Pengelolaan Pajak Hotel (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya permasalahan mengenai pelaksanaan implementasi kebijakan e-tax dalam pengelolaan pajak hotel di Kota Malang. Permasalahan yang terjadi ialah masih kurangnya pihak BPPD dalam pengawasan kebijakan e-tax ini sehingga mengakibatkan sering terjadi kendala terhadap wajib pajak. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini difokuskan pada dua hal: pertama, implementasi kebijakan e-tax ini menggunakan empat isu pokok kebijakan efektif meliputi komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Kedua aktor pendukung dan penghambat. E-tax merupakan program pembayaran pajak dengan menggunakan sistem elektronik yang merupakan terobosan di era informasi seperti sekarang, dimana sistem pengelolaan pajak yang dilakukan dengan cara online sistem atau dengan internet. Salah satu daerah yang telah melaksakan program E-tax adalah Kota Malang, e-tax dikelola oleh BPPD Kota Malang (Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang) yang diterapkan di 4 sektor pajak di Kota Malang yaitu Pajak Hotel, Pajak Restoran, Tempat Hiburan, dan Tempat Khusus Parkir. Penerapan implementasi kebijakan pasti akan membawa keterlibatan berbagai pihak yang mana dalam hal ini pihak yang terlibat secara langsung adalah wajib pajak, pemerintah yakni BPPD dan penyedia jasa layanan e-tax sebagai pihak ketiga. Dalam penerepan kebijakan ini dilaksanakan dengan cara sosialisai terlebih dahulu kepada para wajib pajak dan kemudian para wajib pajak di wajibkan untuk menggunakan e-tax. terdapat beberapa faktor yang mendukung keberhasilan Kebijakan E-tax dalam pengelolaan Pajak Hotel di Kota malang yaitu adanya kerjasama yang baik antara Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dengan Bank BRI, fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung Kebijakan E-tax.Namun terapat beberapa kendala dalam penerapan e-tax pada Pajak Hotel di Kota Malang menemui beberapa permasalahan, kurangnya kesadaran wajib pajak untuk menggunakan e-tax, data wajib pajak yang belum masuk dalam database, alat CMS sebagai alat pembayaran pajak sering mengalami kerusakan, dan masing kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh pihak terkait. Saran peneliti ini adalah perlu adanya perbaikan dan optomalisasi terhadap implementasi kebijakan ini adalah dengan melakukan perbaikan system dengan cara membuat aplikasi atau system berbasis mobile sebagai penunjang alat CMS, BPPD menjadi lebih aktif dalam melakukan pengawasan, kemudian yang terakhir adanya sarana dan prasarana yang mendukung Wajib Pajak Hotel Kota Malang.

English Abstract

This research was conducted on the basis existence of problems regarding the implementation of e-tax policy in managing hotel taxes in Malang City. The problem that occurs is that there is still a lack of BPPD in supervising e-tax policy, resulting in frequent obstacles to taxpayers. The method used is qualitative research with a descriptive approach. This study focused on two things: first, the implementation of e-tax policy uses four main issues of effective policy including communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. Second, supporting and blocking actors. E-tax is a tax payment program using an electronic system which is a breakthrough in the information age as it is now, where the tax management system is carried out by means of online system or with the internet. One area that has carried out the E-tax program is Malang City, e-tax managed by BPPD Malang City (Malang Regional Tax Service Agency) which is applied in 4 tax sectors in Malang City namely Hotel Tax, Restaurant Tax, Entertainment Place, and Special Parking Lots. The implementation of policy will certainly bring the involvement of various parties, in which case the parties directly involved are taxpayers, the government, namely the BPPD and e-tax service providers as third parties. In forwarding this policy carried out by means of socialization first to the taxpayers and then the taxpayers are required to use e-tax. there are several factors that support the success of the E-tax Policy in Hotel Tax Management in Malang City, namely the existence of good cooperation between the Malang City Regional Tax Service Agency and BRI, the facilities needed to support the E-tax Policy. -tax on Hotel Taxes in Malang City encounters several problems, lack of awareness of taxpayers to use e-tax, taxpayer data that has not been included in the database, CMS tools as a tool for tax payments often suffer damage, and each lack of supervision by related parties . The suggestion of this researcher is that the need for improvement and optimization of the implementation of this policy is to improve the system by making applications or mobile-based systems as supporting CMS tools, BPPD becomes more active in conducting supervision, then the last is facilities and infrastructure that support taxpayers Malang City Hotels.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1093/051900869
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, e-tax, Kebijakan, Pajak Hotel, Kota Malang-Public Policy , e-tax, Policy, Hotel Tax, Malang City
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.27 Other taxes > 336.278 Taxes on products, services, industries > 336.278 910 46 Taxes on products, services, industries (Facilities for travelers)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:34
Last Modified: 25 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165569
[thumbnail of Tiya Arum Mahardhia.pdf]
Preview
Text
Tiya Arum Mahardhia.pdf

Download (13MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item