Implementasi Sistem Informasi Administrsai Kependudukan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kota Kediri)

Yusantri, Ilham Nadya (2018) Implementasi Sistem Informasi Administrsai Kependudukan dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan sistem berbasis online, guna Meningkatkan Pelayanan Publik dibidang Administrasi Kependudukan. Dalam penerapan kebijakan SIAK tersebut tentu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri akan menemui berbagai hal yang dapat menjadi faktor pendukung atau menjadi faktor penghambat dalam implementasi Kebijakan SIAK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis (1) Implementasi kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi kebijakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian meliputi (1) Menganalisisi Peran Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri. (2) Menganalisis serta meneliti langsu SIAK pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kedri, guna mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat. Analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Administrasi Kependudukan mampu untuk menjadi solusi yang membantu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Kediri meningkatkan pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan memiliki peran sebagai alat yang memfasilitasi setiap kegiatan Dispendukcapil kota Kediri, sehingga seluruh kegiatan dalam pembuatan dokumen yang diajukan oleh pemohon harus melalui SIAK. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi kepemilikan dokumen ganda. . Saran dari penelitian ini adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Kediri perlu untuk lebih memaksimalkan serta mengembangkan progam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dalam mengatasi hambatan yang terjadi. Karena teknologi informasi memiliki keunggulan dalam efisiensi waktu, ruang dan tempat serta efektif dalam meningkatkan pelayanan publik.

English Abstract

Information System of Population Administration (SIAK) is one of the policies set by the central government by utilizing information technology and using an online-based system, in order to Improve Public Service of Population Administration. Implementation policy of Information System of Population Administration will meet various things which may be a supporting factor or an inhibiting factor in the implementation Information System of Population Administration Policy. The purpose of this research is to know, describe and analyze (1) Implementation Policy of Information System of Population Administration at Department of Population and Civil Registry City of Kediri (2) Supporting and inhibiting factors of implementation policy Research methods which used was descriptive study with qualitative approach. The focus of research (1) Analyzing the Role of Information System of Population Administration in improving the quality of public service at the Department of Population and Civil Registry of Kediri. (2) Analyzing and researching Policy on the Demography and Civil Registry of Kedri City, in order to know the supporting factors and the inhibiting factors. Data analysis using Miles, Huberman, and Saldana. Results of research indicate that Administration of Population Information System can be a solution that helps the Department of Population and Civil Registry City of Kediri improve public services in the population administration. Information System of Population Information Administration has a role as a tool that facilitate every activity, so that all activities in making documents submitted by the applicant must be through Information System of Population Administration as aplication. This is intended to avoid duplicate document ownership. Advice of this research is Department of Population and Civil Registry of Kediri need to maximize and develop program of Information System of Population Administration in overcoming obstacles that happened. Because information technology has advantages in the efficiency of time, space and place and effective in improving public services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1189/051901229
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, Pelayanan, Publik. Implementation, Information Systems Administration Population, Service, Public.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2019 02:07
Last Modified: 18 Oct 2021 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165537
[thumbnail of Ilham Nadya Yusantri.pdf]
Preview
Text
Ilham Nadya Yusantri.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item