Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak dalam Menggunakan e-Filing (Studi Pada Wajib Pajak di Pulau Jawa)

Fadhilah, Hikmatul (2018) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak dalam Menggunakan e-Filing (Studi Pada Wajib Pajak di Pulau Jawa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajakatau Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Aplication Service Provider (ASP). Namun hingga saat ini masih terdapat Wajib Pajak yang melaporkan SPT secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektansi kinerja, ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, motivasi hedonis, nilai harga, dan kebiasaan terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-Filingdi Pulau Jawa. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan bersumber dari data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada Wajib Pajak di Pulau Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan e-Filing di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan sampel sebanyak 98 Wajib Pajak melalui teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel ekspektansi kinerja dan kebiasaan berpengaruh terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-Filing. Kemudian pada variabel ekspektansi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, motivasi hedonis, dan nilai harga tidak berpengaruh terhadap minat perilaku Wajib Pajak dalam menggunakan e-Filing.

English Abstract

E-Filing is an electronic means of delivery of Letter of Notification (SPT) which is done online and real time through the internet on the website of the Directorate General of Taxation or Application Service Provider (ASP). Up until now there are taxpayers who still reporttheir SPT manually. This study aims to determine the effect of performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, price value, and habit on taxpayers behavioral intention to use e-Filing in Java. The type of this research isexplanatory research with quantitative approach. The data used comes from the primary data through questionnaires distributed online to taxpayers in Java. Population in this research is personal taxpayer of e-Filing user in Java. This study used multiple linear regression analysis with 98 samples of taxpayers through puprosive sampling technique. Based on t test results can be concluded that the variable performance expectancy and habit affects taxpayers behavioral intention to use e-Filing. Then, on the variable effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and price value does not affect taxpayers behavioral intention to use e-Filing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1186/051901226
Uncontrolled Keywords: Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, Motivasi Hedonis, Nilai Harga, Kebiasaan, Minat Perilaku dalam Menggunakan e-Filing Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Behavioral Intention to Use e-Filing
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2019 03:04
Last Modified: 18 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165525
[thumbnail of Hikmatul Fadhilah.pdf]
Preview
Text
Hikmatul Fadhilah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item