Analisis Penggunaan Layanan Unggulan e- SAMSAT atas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang. (Studi pada Dinas Pendapatan Daerah UPTD Kota Malang)

Budiman, Rahmat Arif (2018) Analisis Penggunaan Layanan Unggulan e- SAMSAT atas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang. (Studi pada Dinas Pendapatan Daerah UPTD Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar membuat Pemerintah Daerah Kota Malang terus berupaya memberikan pelayanan prima dengan membuat terobosan dalam bentuk layanan unggulan. Tingginya penggunaan layanan unggulan dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang tidak diimbangi oleh layanan unggulan e- SAMSAT kurang diminati oleh warga kotanya, dimana diketahui dari data yang diperoleh dalam penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT dibawah 1% dari total seluruh penggunaan layanan uggulan di Kantor SAMSAT Kota Malang. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang. Lokasi penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan Dinas Pendapatan Daerah UPTD Kota Malang sebagai instansi yang mempunyai kewenangan dalam pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Malang khususnya dalam penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT Kantor Bersama SAMSAT Kota Malang. Jenis penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga mampu menafsirkan fenomena yang terjadi. Penelitian ini memfokuskan pada empat hal yaitu (1) Objek Pajak penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT, (2) Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor pada Layanan ungggulan e-SAMSAT, (3) Penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Malang, (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan layanan unggulan e- SAMSAT telah berjalan di Kota Malang sejak 2014, akan tetapi kurang maksimal, dikarenakan adanya hambatan-hambatan dalam proses penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT diantaranya sosialisasi yang kurang merata, tidak efisien dimata Wajib Pajak kendaraan bermotor serta keterbatasan jenis pelayanan yang diberikan. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dengan adanya pemerataan sosialisasi secara menyeluruh dan membuat integrasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Hal ini bertujuan agar penggunaan layanan unggulan e-SAMSAT dapat memberikan kemudahan serta dinikmati oleh seluruh Wajib Pajak sesuai dengan tujuan layanan unggulan e-SAMSAT.

English Abstract

The substantial revenue from Regional Original Income (PAD) makes the Regional Government of Malang City continue to provide excellent service by making breakthroughs in the form of superior services. The services used in the Tax service in the Motor Vehicle Tax room at the SAMSAT Joint Office in Malang City are not matched by the excellent service of e-SAMSAT, which is of less interest to the residents of the city, where data from the e-SAMSAT service is below 1% of the total all use of monthly services at the SAMSAT Office in Malang City. The purpose of this study is to find out how the use of excellent e- SAMSAT services for motor vehicle tax payments at the SAMSAT Joint Office in Malang City. The location of this study was carried out at the Revenue Service of the Regional Revenue Office of the City of Malang as an agency that has the authority to collect Motor Vehicle Taxes in the City of Malang specifically in the use of superior service e-SAMSAT of the SAMSAT Joint Office in Malang City. This type of research is carried out using a descriptive method with a qualitative approach, so that phenomena can occur. This study focuses on four things, namely (1) Tax Objects using excellent e-SAMSAT services, (2) Acceptance of Motor Vehicle Taxes on e-SAMSAT service, (3) Use of superior e- SAMSAT services for motor vehicle tax payments in Malang City , (4) Supporting and inhibiting factors in the use of excellent e-SAMSAT services. The results showed that the use of excellent e-SAMSAT services had been running in Malang City since 2014, but was not optimal, because there were obstacles in the process of using superior e-SAMSAT services, which were less uniform socialization, less practical in the eyes of taxpayers, vehicles and services provided. The advice that can be used is to do an equalization of socialization and make payments on Motor Vehicle Tax socialization. This allows the use of excellent e- SAMSAT services to provide convenience and use by all taxpayers with the aim of e-SAMSAT superior services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1051/051900314
Uncontrolled Keywords: e-SAMSAT, Layanan Unggulan, Pajak Kendaraan Bermotor e-SAMSAT, Superior Service, Motor Vehicle Tax
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:21
Last Modified: 18 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165470
[thumbnail of Rahmat Arif Budiman.pdf]
Preview
Text
Rahmat Arif Budiman.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item