Analisis Tourism Distribution Channels Wisatawan Mancanegara Pada Kawasan Great Indonesia (Studi Pada Kawasan Great Batam, Provinsi Kepulauan Riau)

Rizaldy, Mohamad (2018) Analisis Tourism Distribution Channels Wisatawan Mancanegara Pada Kawasan Great Indonesia (Studi Pada Kawasan Great Batam, Provinsi Kepulauan Riau). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang berjudul Analisis Tourism Distribution Channels Wisatawan Mancanegara Pada Kawasan Great Indonesia (Studi Pada Kawasan Great Batam, Provinsi Kepulauan Riau), bertujuan untuk mendeskripsikan daya tarik Kota Batam sehingga menjadi tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) dan untuk mendeskripsikan strategi saluran distribusi pariwisata yang diterapkan di Kota Batam dalam menarik wisman untuk berkunjung ke Kota Batam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ini adalah produk-produk wisata yang ada di Kota Batam yang menjadikan Batam menarik dikunjungi oleh wisman dan saluran distribusi pariwisata wisman di Kota Batam. Lokasi penelitian bertempat di Daerah Kota Batam provinsi Kepulauan Riau. Situs penelitian berada di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies), PT. Nusajaya Indofast dan PT. Internusa Tour and Travel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara garis besar hasil dari penelitian ini adalah kedatangan wisman ke Kota Batam jika di analisis menggunakan lima komponen produk wisata adapun komponennya yakni atraksi destinasi, fasilitas destinasi, aksesibilitas, imej dan harga. Kunjungan wisman ke Kota Batam dengan tujuan menikmati fasilitas-fasilitas yang menunjang pariwisata di Kota Batam seperti berpergian ke tempat-tempat kuliner, tempat-tempat perbelanjaan, tempat-tempat hiburan malam, spa atau massage. Tempat-tempat wisata alam atau buatan kurang diminati oleh wisman di karenakan wisman sebagian besar berasal dari Singapura dan Malaysia yang jika dibandingkan dengan Batam maka objek wisata di Singapura dan Malaysia lebih menarik dan diminati, adapun wisman yang berasal dari Negara lain selain Singapura dan Malaysia mereka sudah menghabiskan waktu di Negara Singapura atau Malaysia terlebih dahulu kemudian menyempatkan diri berwisata ke Indoneisa khususnya Batam, motivasi wisman untuk berkunjung ke Batam pun karena biaya hidupnya yang murah. Saluran Distribusi wisman lebih di dominasi oleh penjualan langsung (direct selling).

English Abstract

The study, entitled Analysis of Tourism Distribution Channels International Tourists in Great Indonesia Region (Study on Great Area of Batam, Kepulauan Riau Province), aims to describe the attractiveness of the city of Batam to become a tourist destination for International tourists and to describe the strategy of tourism distribution channels applied in Batam City in attracting International tourists to visit the city of Batam. The type of research used is qualitative research with descriptive approach. The focus of this research is the tourism products that exist in the city of Batam that makes Batam interesting visited by international tourists and tourism distribution channels in the city of Batam. The research location is located in Batam City Region Kepulauan Riau Province. The research sites are located in the Office of Culture and Tourism of Batam City, ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies), PT. Nusajaya Indofast and PT. Internusa Tour and Travel. Data Collection techniques in this study are observation, interview and documentation. In general, the results of this study is the arrival of foreign tourists to the city of Batam if the analysis using the five components of tourism products while the components of destination attractions, facilities, accessibility, image and price. The visit of international tourists to the city of Batam with the aim of enjoying facilities that support tourism in the city of Batam such as travel to places of culinary, shopping places, places of night entertainment, spa or massage. Natural attractions or artificial attractions less desirable by international tourists in because tourists from most come from Singapore and Malaysia which when compared with Batam then the attractions in Singapore and Malaysia more interesting and desirable, as for international tourists who come from other countries other than Singapore and Malaysia them already spent time in the State of Singapore or Malaysia first then took a trip to Indonesia especially Batam, the motivation of foreign tourists to visit Batam was because of the cost of his life is cheap. Channel Distribution of international tourists more dominated by direct sales.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/893/051810452
Uncontrolled Keywords: Wisatawan Mancanegara, Saluran Distribusi, Pariwisata, Kota Batam-International Tourists, Distribution Channels, Tourism, Batam City
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Jul 2019 07:33
Last Modified: 25 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165462
[thumbnail of Mohamad Rizaldy.pdf]
Preview
Text
Mohamad Rizaldy.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item