Strategi Pemerintah Daerah Melalui City Branding dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batu)

Hasyimi, Anas (2018) Strategi Pemerintah Daerah Melalui City Branding dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) strategi city branding dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, (2) faktor-faktor yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam penerapan city branding. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di dinas kebudayaan dan pariwisata kota batu. Data primer dalam penelitian ini berupa wawancara dengan narasumber dan data sekunder berupa dokumen pendukung terkait branding di kota batu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi non partisipan. Analisis data menggunakan analisis model interaktif miles dan huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan city branding di kota batu berdampak terhadap meningkatnya kunjungan wisata yang hasilnya meningkatkan pendapatan asli daerah, (2) faktor pendukung terlaksananya city branding di kota batu yaitu kesiapan pemerintah, dan kualitas sumber daya alam, sedangkan faktor penghambatnya kurangnya kesiapan masyarakat kota batu

English Abstract

This study aims to find out, (1) city branding strategies in increasing local revenue, (2) the factors that support and inhibit the application of city branding. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Research location in Batu city cultural and tourism services. Primary data in this study are interviews with resource persons and secondary data in the form of supporting documents related to branding in the batu city. Data collection methods used in this study are interviews and non-participant observation. Data analysis uses interactive analysis of miles and huberman models. The results of this study indicate that (1) the application of city branding in the batu city has an impact on increasing tourist visits which results in increasing local revenue, (2) supporting factors for the implementation of city branding in the batu city, namely the readiness of the government, and the quality of natural resources, while the inhibiting factor is the lack of readiness people of batu city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1044/051900307
Uncontrolled Keywords: strategi, pemerintah daerah, city branding strategy, local government, city branding.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:30
Last Modified: 18 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165451
[thumbnail of Anas Hasyimi.pdf]
Preview
Text
Anas Hasyimi.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item