Analisis Biaya Pemasaran Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Laba Hasil Penjualan (Studi Kasus pada CV. Indah Cemerlang Malang)

Larasati, Dini Ayu (2018) Analisis Biaya Pemasaran Sebagai Salah Satu Cara Untuk Meningkatkan Laba Hasil Penjualan (Studi Kasus pada CV. Indah Cemerlang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis biaya pemasaran perusahaan dalam pasar yang bersifat kompetitif menjadi bagian penting dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan perusahaan. Analisis terhadap biaya pemasaran bertujuan untuk menyajikan informasi bagi manajemen untuk penentuan harga pokok produk, pengendalian biaya pemasaran, penentuan biaya pemasaran, dan satuan kegiatan pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui cara menganalisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang tahun 2014 - 2016. (2) Mengetahui persentase biaya pemasaran yang dikeluarkan dan laba setelah biaya pemasaran yang dihasilkan oleh tiap jenis produk dari kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan Indah Cemerlang Malang berdasarkan analisis biaya pemasaran terhadap jenis produk tahun 2014–2016 (3) Mengetahui gambaran informasi yang dihasilkan dalam analisis biaya pemasaran berdasarkan jenis produk untuk meningkatkan laba setelah biaya pemasaran perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik yang akan digunakan oleh peneliti dalampenulisan skripsi ini yaitu dokumentasi, yaitu penelitian yang dilakukan dengan jalan mengumpulkan laporan, dokumen-dokumen perusahaan, dan data pendukung sekunder yang ada kaitannya dengan masalah yang akan diteliti dan dibahas. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Laporan Laba Rugi, 2) Jenis Biaya Pemasaran dan 3) Dasar Alokasi Biaya. Hasil dari analisis biaya pemasaran menurut jenis produk, dapat diketahui bahwa meningkatnya biaya pemasaran tidak diimbangi dengan meningkatnya laba setelah biaya pemasaran dari tahun 2014 hingga tahun 2016. Hasil dari analisis persentase dapat dilihat bahwa persentase penjualan, harga pokok penjualan, biaya pemasaran serta laba setelah biaya pemasaran dari tahun 2014 hingga tahun 2016 untuk semua jenis produk yang dihasilkan adalah tidak menentu. Prosentase harga pokok penjualan dan biaya pemasaran memberikan dampak terhadap perubahan pencapaian keuntungan perusahaan. Semakin tinggi prosentase harga pokok penjualan, maka laba setelah biaya pemasaran akan mengalami penurunan, demikian pula sebaliknya semakin menurunnya harga pokok penjualan maka pencapaian laba setelah biaya pemasaran akan mengalami peningkatan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu CV. Indah Cemerlang harusnya lebih memperhatikan pada produk yang kurang menjual di pasaran, perlu untuk lebih memperhatikan biaya produksinya, dengan membuat perencanaan biaya produksi secara cermat dan hati-hati dan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk-produknya agar tetap bisa bersaing dengan produk-produk lain dari perusahaan-perusahaan sejenis.

English Abstract

The analysis of corporate marketing costs in a competitive market is an important part of the overall cost of the company. The analysis of marketing costs aims to provide information for management for product costing, marketing cost control, marketing costing, and marketing activities. The purpose of this research are (1) To know how to analyze marketing cost based on product type in Indah Indah Cemerlang Malang year 2014 - 2016. (2) To know the percentage of marketing expense and profit after marketing costs produced by each kind of product from marketing activities conducted by Indah Cemerlang Malang based on marketing cost analysis for product types 2014-2016 (3) Knowing the description of information generated in marketing cost analysis based on product type to improve profit after marketing costs of company. The approach of this research is descriptive research. Techniques to be used by researchers in the writing of this thesis is documentation, is research conducted by collecting reports, company documents, and secondary support data that have to do with the problem to be studied and discussed. The focus of research in this thesis is: 1) Income Statement, 2) Type of Marketing Cost and 3) Basic Cost Allocation. The result of marketing cost analysis by product type, it can be seen that the increase of marketing cost is not matched by increasing profitability or profit after marketing cost from 2014 until 2016. The result of percentage analysis can be seen that the percentage of sales, cost of goods sold, marketing cost and profit after marketing costs from 2014 to 2016 for all types of products produced are uncertain. Percentage of cost of goods sold and marketing costs have an impact on changes in the achievement of corporate profits. The higher the percentage of cost of goods sold, then the profit after the marketing costs will decrease, and vice versa the decrease in cost of goods sold then the achievement of profit after marketing costs will increase. Suggestions raised in this research are CV. Indah Cemerlang should pay more attention to products that are less selling in the market, need to pay more attention to the cost of production, by making production cost planning carefully and carefully and still maintain and improve the quality of its products in order to remain able to compete with other products from similar companies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1039/051900302
Uncontrolled Keywords: Biaya, Pemasaran, Produk, Laba Cost, Marketing, Products, Profit.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:39
Last Modified: 18 Oct 2021 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165435
[thumbnail of Dini Ayu Larasati.pdf] Text
Dini Ayu Larasati.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (17kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item