Laksananto, Zulfikar Imam (2018) Analisis Strategi Pemasaran E-commerce Pada Produk Kosmetik Buatan Dalam Negeri Di Kota Malang (Studi pada PT. Emina Tahun 2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
E-commerce atau yang dikenal sebagai electronic commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. E-commerce didefinisikan sebagai transaksi ekonomi saat pembeli dan penjual bersama-sama melalui media elektronik dari internet membentuk kontrak perjanjian mengenai harga dan pengiriman barang atau jasa tertentu dan menyelesaikan transaksi melalui pengiriman dan pembayaran barang atau jasa sesuai kontrak. PT. Emina merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kosmetik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. PT. Emina melakukan kegiatan jual beli dan memasarkan produk kosmetik melalui media internet atau yang sering disebut dengan ecommerce. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penerapan strategi pemasaran e-commerce terhadap penjualan produk kosmetik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan triangulasi yang dilakukan kepada dua orang kepala divisi marketing dan karyawan divisi marketing. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan datan, penyajian data, kondensasi data, penarikan kesimpulan dan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan strategi pemasaran e-commerce memiliki dampak yang besar bagi perusahaan dari segi penjualan produk. Pada tahun-tahun sebelum menerapkan strategi pemasaran e-commerce, perusahaan tidak mengalami perubahan secara signifikan dari segi penjualannya. Dan pada tahun 2017 perusahaan melakukan penerapan strategi pemasaran ecommerce meliputi pemasaran produk sampai penjualan produk telah mengalami banyak perubahan dan meningkatnya jumlah penjualan produk dari perusahaan.
English Abstract
E-commerce or known as electronic commerce or electronic commerce constitutes a deployment, purchase, sales, marketing goods and services through electronic systems. Ecommerce is defined as economic transactions when buyers and sellers together through the electronic media from the internet form a contract agreement on price and delivery of the goods or services of a specific and complete the transaction through delivery and payment of the appropriate goods or services contract. PT. Emina is a company engaged in the cosmetics located in Malang, East Java. PT. Emina do buy sell and market cosmetic products through internet or media that is often referred to as e-commerce. This research aims to find out how the impact of the application of e-commerce marketing strategies against the sale of cosmetic products. Research methods used in this research is descriptive research with qualitative approach. Data collection methods used are interviews with the triangulation was done to two heads of Division marketing and marketing division employees. Methods of analysis used in this research was the collection of data presentation, Dathan, condensation of the data, the withdrawal of the conclusion and validity of the data. The research results show the e-commerce marketing strategies have a great impact for the company in terms of sales of the product. In the years before implementing the marketing strategy of e-commerce, the company did not change significantly in terms of sales. And in the year 2017 corporations doing the application of e-commerce marketing strategies include product marketing to product sales has undergone many changes and the growing number of sales of products of the company.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/987/051811512 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, E-commerce-Marketing Strategy, E-commerce |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 02:02 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165418 |
![]() |
Text
Zulfikar Imam Laksananto.pdf Download (3MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (19kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (7kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (2kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |