Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 yang Pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Instagram )

Hamdani, Muhammad Yusuf (2018) Pengaruh Viral Marketing terhadap Kepercayaan Konsumen serta Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 yang Pernah Melakukan Pembelian Online melalui Media Sosial Instagram ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan online shop (belanja online) membuat konsumen semakin mudah berbelanja tanpa menghabiskan waktu dan tenaga, serta didukung dengan keberadaan online store (toko online) yang pertumbuhannya semakin meningkat dari tahun ketahun. Manfaat inilah yang membuat belanja online semakin diminati. Penerapan Viral Marketing yang baik pada online store diharapkan menjadi strategi yang tepat dan dapat membantu dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing (X) baik secara bersama-sama maupun secara langsung terhadap Kepercayaan Konsumen (Y1) dan Keputusan Pembelian (Y2). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2015/2016 yang pernah melakukan pembelian online melalui media sosial Instagram dengan sampel sejumlah 116 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung variabel Viral Marketing (X) terhadap variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai koefisien path sebesar 0,641 dengan probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) mempunyai pengaruh secara langsung terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y2) yang bernilai positif dan signifikan dengan nilai koefisien path sebesar 0,386 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,5). Variabel Viral Marketing (X) mempunyai pengaruh secara langsung terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y2) dengan nilai koefisien path sebesar 0,430 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Adapun pengaruh secara tidak langsung variabel Viral Marketing (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y2) melalui variabel Kepercayaan Konsumen (Y1) sebesar 0,248.

English Abstract

Online shop (belanja online) activities make consumers easier to shop without spending time and energy, and supported by the existence of online stores (toko online), whose growth is increasing from year to year. These benefits make online shopping more attractive. Implementation of good Viral Marketing on the online store is expected to be the right strategy and can help in the face of intense business competition. The purpose of this study is to determine the influence of Viral Marketing (X) either simultaneously or directly on Consumer Trust (Y1) and Purchase Decision (Y2). The type of research used in this study is explanatory research (explanatory research).Data collection techniques used are questionnaires.The population in this study are students of Faculty of Administrative Sciences UniversitasBrawijaya class of 2015/2016 who ever made an online purchase through social media Instagram with a sample of 116 people.The sampling technique used is non probability sampling by using accidental sampling technique.Data analysis used is descriptive statistical analysis, classical assumption test and path analysis using SPSS 20 for windows software. The results of this study indicate that the direct influence of Viral Marketing variable (X) on Consumer Trust variable (Y1) has positive and significant effect with path coefficient value of 0.641 with probability t of 0.000 (0,000 < 0,05). Consumer Trust variable (Y1) has a direct influence on the variable of Purchase Decision (Y2) which is positive and significant value with path coefficient value of 0.386 with probability value of 0.000 (0,000 < 0,5). Viral Marketing Variable (X) has a direct influence on the Purchase Decision variable (Y2) with the path coefficient value of 0.430 with a probability value of 0.000 (0.000 <0.05). The indirect influence of Viral Marketing variable (X) on Purchase Decision (Y2) through Consumer Trust variable (Y1) is 0,248.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/914/051810863
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian-Viral Marketing, Consumer Trust and Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Sep 2019 06:52
Last Modified: 22 Oct 2021 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165387
[thumbnail of Muhammad Yusuf Hamdani.pdf]
Preview
Text
Muhammad Yusuf Hamdani.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item