Analisis Value Proposition untuk mencapai Product-Market Fit pada Pasar Perdagangan Digital (Studi pada Agen Tapp Market area Malang Raya)

Prastiwi, Mutiarani Nasyta (2018) Analisis Value Proposition untuk mencapai Product-Market Fit pada Pasar Perdagangan Digital (Studi pada Agen Tapp Market area Malang Raya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tapp Market adalah aplikasi mobile marketplace yang memfasilitasi perdagangan digital dengan sistem pembayaran tunai yang memberikan jasa untuk menjembatani pembayaran belanja digital secara tunai melalui pihak ketiga yang disebut agen Tapp Market. Selain menjadi tempat pembayaran, agen Tapp Market juga merupakan kunci siklus transaksi digital pada aplikasi Tapp Market karena memiliki fungsi sebagai penghubung antara konsumen akhir dengan penyedia barang yang dijual di aplikasi tersebut. Sehingga secara tidak langsung, agen Tapp Market adalah satu pihak yang menggambarkan cara kerja jasa utama yang dimiliki Tapp Market untuk pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja nilai proposisi dari Tapp Market yang dibentuk untuk agen Tapp Market, serta bagaimana nilai proposisi tersebut cocok (fit) dengan permintaan agen perdagangan digital Indonesia. Jenis penelitian ini adalah mix method atau metode campuran dengan jenis sekuensial eksploratoris dimana yang lebih dominan adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara dan dokumentasi lalu diperkuat data kuantitatif hasil dari kuesioner. Analisis dilakukan dengan memetakan dan mencocokan setiap aspek proposisi nilai dari Tapp Market menggunakan kanvas proposisi nilai dengan metode kualitatif dan dilanjutkan dengan merangking dan mengolah data kuantitatif untuk menemukan proposisi nilai utama dari Tapp Market. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa segmen agen membutuhkan sebuah sarana atau platform transaksi barang digital yang memiliki biaya murah (67%), dengan kategori barang yang beragam (33%) namun tidak memiliki harga dasar yang mahal (40%). Berdasarkan kebutuhan, masalah, dan keinginan tersebut, Tapp Market membentuk peta nilai yang diharapkan cocok dengan kebutuhan target konsumen yaitu platform aplikasi yang memfasilitasi perdagangan digital dengan harga dasar pulsa yang bersaing (33%) dan memiliki beragam kategori dan jenis barang yang dapat ditransaksikan (29%). Pengujian kecocokan produk-pasar didukung dengan pengujian matriks retensi dan Sean-Ellis Test yang dilakukan untuk mengetahui apakah produk telah mampu untuk tersampaikan dengan baik dan dapat diterima oleh target konsumen (Olsen, 2015). Hasil pengukuran matriks retensi menunjukkan bahwa 49% agen dari total responden telah menjadi agen Tapp Market aktif selama satu hingga dua tahun terakhir dengan frekuensi deposit lebih dari sekali dalam seminggu pada setiap bulannya (55%) yang kemudian didukung oleh hasil pengujian Sean-Ellis yaitu 57% responden akan merasa kecewa jika aplikasi Tapp Market tidak dapat digunakan lagi.

English Abstract

Tapp Market is a mobile marketplace application that facilitates digital commerce with a cash payment system that provides services to bridge digital spending payments in cash through a third party called Tapp Market agent. In addition to being a place of payment, Tapp Market agent is also a key digital transaction cycle in Tapp Market applications because it has a function as a liaison between the end consumer with the provider of goods sold in the application. So indirectly, Tapp Market agents are one party that describes how the main services Tapp Market has for the market. The purpose of this research is to know what is the value proposition of Tapp Market formed for Tapp Market agent, and how the value of proposition fit with demand of digital commerce agent Indonesia. The type of this research is mix method with sequential exploratory type where the more dominant is the qualitative data obtained from the interview and documentation and then reinforced quantitative data result from the questionnaire. The analysis is done by mapping and fitting each aspect of the value proposition of Tapp Market using a value proposition canvas with qualitative methods and followed by ranking and processing quantitative data to find the main value proposition of Tapp Market. The results of this study indicate that the agent segment requires a means or platform for digital goods transactions that have low cost (67%), with different categories of goods (33%) but do not have an expensive base price (40%). Based on these needs, problems, and desires, Tapp Market creates a value map that is expected to match the needs of the consumer targets of application platforms that facilitate digital commerce with competitive base price (33%) and have various categories and types of transactable goods (29 %). Market-market compatibility testing is supported by testing of the retention matrix and Sean-Ellis Test conducted to determine whether the product has been able to deliver well and acceptable to the target consumers (Olsen, 2015). The results of the retention matrix measurements show that 49% of the total respondents have been active Tapp Market agents for the last one to two years with the frequency of deposit more than once a week on a month (55%) which is then supported by Sean-Ellis test results of 57 % of respondents will be disappointed if Tapp Market application can’t be used again.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/918/051810867
Uncontrolled Keywords: Tapp Market, perdagangan digital, proposisi nilai, kecocokan proposisi nilai.-Tapp Market, digital commerce, value proposition, fit, sequential exploratory.
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.029 Commercial miscellany
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:32
Last Modified: 22 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165381
[thumbnail of Mutiarani Nasyta Prastiwi.pdf]
Preview
Text
Mutiarani Nasyta Prastiwi.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item