Analisis dan Desain Sistem Informasi Knowledge Management (Studi Pada PT Jatim Times Network)

Prayogi, Akhmad Hikmawan (2018) Analisis dan Desain Sistem Informasi Knowledge Management (Studi Pada PT Jatim Times Network). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran knowledge management yang di terapkan pada PT Jatim Times Network dan menganalisis permasalahan terhadap sistem saat ini untuk dilakukan pengembangan berupa desain sistem informasi knowledge management. Penelitian ini dilakukan di kantor PT Jatim Times Network yang berlokasi di Ruko Tlogomas Square Kav. 26. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sistem informasi knowledge management pada PT Jatim Times Network masih menggunakan model konvensional yang masih memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah Knowledge management yang dimiliki perusahaan PT Jatim Times Network kurang efektif dan ini dapat bermasalah jika harus ada karyawan yang menangani tugas yang harus dikerjakan pada saat tersebut tetapi tidak ada karyawan yang dapat menyelesaikan tugas tersebut. Desain sistem informasi knowledge management berbasis komputer dapat diimplementasikan oleh PT Jatim Times Network sebagai upaya untuk menjalankan fungsi bisnis yang lebih baik, sistem knowledge management ini mendukung dalam segala aktivitas karyawan dalam mengembangkan ilmu di dalam PT Jatim Times Network dan akan mengurangi penggunaan alat tulis, buku dan lemari. Sistem knowledge management ini dapat di akses semua karyawan dengan itu penyebaran dan pemanfaatan pengetahuan dapat berperan pada perusahaan dengan baik.

English Abstract

This study aims to find out the description of knowledge management applied to PT Jatim Times Network and analyze the problems of the current system for the development of knowledge management information system design. This research was conducted at the office of PT Jatim Times Network located in Ruko Tlogomas Square Kav. 26. The type of research used is qualitative research with an action research approach. Data sources used are primary data and secondary data obtained by using data collection methods in the form of observation, interviews, and documentation. Based on the research that has been done, the results obtained that the knowledge management information system at PT Jatim Times Network still uses conventional models that still have weaknesses. These weaknesses include Knowledge Management that is owned by PT Jatim Times Network is less effective and this can be problematic if there must be employees who handle tasks that must be done at the time but no employee can complete the task. The design of a computer-based knowledge management information system can be implemented by PT Jatim Times Network as an effort to carry out better business functions, this knowledge management system supports in all employee activities in developing knowledge in PT Jatim Times Network and will reduce the use of stationery, books and cupboards. This knowledge management system can be accessed by all employees with the spread and utilization of knowledge can play a role in the company well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1214/051901630
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Knowledge Management Information System, Knowledge Management
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:08
Last Modified: 18 Oct 2021 05:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165369
[thumbnail of Akhmad Hikmawan Prayogi.pdf]
Preview
Text
Akhmad Hikmawan Prayogi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item