Pengaruh Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Banyuwangi).

-, Abiyasa (2018) Pengaruh Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Survei pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pengembangan destinasi wisata sesuai dengan sudut pandang wisatawan yang dapat dilihat dari motivasi eksternal wisatawan untuk berkunjung, sehingga dapat memberikan pengalaman yang baik bagi wisatawan dan membawanya kepada sikap loyal terhadap suatu destinasi wisata. Penelitian ini dilakukan di Banyuwangi sebagai destinasi wisata yang saat ini terus berkembang dengan jumlah kunjungan wisatawan yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan dengan Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis explanatory research (penelitian penjelasan). Jumlah sampel yang digunakan yaitu 97 responden wisatawan nusantara yang berkunjung ke Banyuwangi dengan teknik accidental sampling (secara kebetulan) namun harus memenuhi syarat yang telah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Skala pengukuran dengan menggunakan Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan path analysis (analisis jalur). Data dalam penelitian ini diolah dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Eksternal berpengaruh signifikan terhadap Pengalaman Wisatawan. Motivasi Eksternal tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan. Pengalaman Wisatawan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Wisatawan. Pengaruh langsung Motivasi Eksternal terhadap Loyalitas Wisatawan lebih kecil dari pengaruh tidak langsung bila melalui Pengalaman Wisatawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran kepada Pemerintah Daerah Banyuwangi untuk mengembangkan atribut destinasi wisata yang menjadi motivasi wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini juga diharapkan dapat dikembangkan oleh penelitian sejenis berikutnya dengan penambahan variabel-variabel lainnya baik variabel bebas, intervening maupun terikat.

English Abstract

This research based on the importance of the development of tourist destinations in accordance with the point of view of tourists that can be seen from the external motivation of tourists to visit, so as to provide a good experience for tourists and impact on tourists loyalty. This research was conducted in Banyuwangi as a tourist destination that is currently growing with the number of tourist visits are increasing. This study aims to determine and explain the effect of External Motivation on Tourist Loyalty with Tourist Experience as an intervening variable. This research is quantitative research with explanatory research type. The number of samples used are 97 respondents of domestic tourists who visit Banyuwangi by accidental sampling technique (by chance) but must meet the conditions that have been determined. Data collection in this research using questionnaires. The measurement scale using Likert Scale. Data in this research is analyzed by descriptive analysis technique and path analysis. Data in this research is processed using IBM SPSS Statistic 23 for Windows. The results of this study indicate that External Motivation has a significant effect on the Tourist Experience. External Motivation has no significant effect on Travelers Loyalty. Tourists experience has a significant effect on Travelers Loyalty. The direct influence of External Motivation on Travelers Loyalty is less than indirect influence when through the Tourist Experience as an intervening variable. This research is expected to give advice to Local Government of Banyuwangi to develop tourist destination attribute which become the motivation of tourists to visit. This research is also expected to be developed by the next similar research with the addition of other variables either independent, intervening or dependent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/943/051811029
Uncontrolled Keywords: Motivasi Eksternal, Pengalaman Wisatawan, Loyalitas Wisatawan-External Motivation, Tourist Experience, Tourist Loyalty
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Jul 2019 03:29
Last Modified: 23 Oct 2021 05:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165366
[thumbnail of Abiyasa.pdf] Text
Abiyasa.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (18kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (8kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item