Analisis Sistem Dan Prosedur Pembelian Dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Putra Sentosa Mandiri Kediri)

Kalingga, Samuel Yudha (2018) Analisis Sistem Dan Prosedur Pembelian Dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Putra Sentosa Mandiri Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan sistem akuntansi merupakan hal yang penting dalam perusahaan. Sehingga dengan mengimplementasikan sebuah sistem akuntansi maka kegiatan perusahaan akan lebih terorganisir dengan baik. Salah satu sistem yang dimiliki perusahaan adalah sistem pembelian dan pengeluaran kas, terutama pada perusahaan dagang yang menerapkan sistem pembelian dan pengeluaran kas. Proses pembelian dan pengeluaran kas merupakan faktor paling utama dalam pengadaan barang. Tujuan dari menggunakan sistem prosedur pembelian dan pengeluaran kas dengan benar yaitu agar kegiatan perusahaan dapat berjalan secara efektif dan mendapat hasil yang maksimal, serta pada sistem pembelian dan pengeluaran kas juga diperlukan suatu pengendalian intern yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pembelian dan pengeluaran kas yang diterapkan pada perusahaan yang terkait serta untuk mengetahui apakah kedua sistem tersebut telah didukung dengan pengendalian intern yang memadai. Penelitian ini dilakukan pada PT. Putra Sentosa Mandiri Kediri, jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui data primer dan sekunder serta teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas yang diterapkan pada PT. Putra Sentosa Mandiri sudah cukup baik dalam menunjang pengendalian intern perusahaan, namun masih terdapat beberapa kelemahan yaitu fungsi pembelian dan fungsi akuntansi masih dilakukan oleh bagian administrasi, dan juga pada penerapan sistem akuntansi pengeluaran kas masih perlu diperbaiki karena hanya melibatkan bagian administrasi sebagai pemegang bukti tagihan dan pembuat laporan, serta kasir yang melakukan pembayaran. Saran yang dapat diberikan pada PT. Putra Sentosa Mandiri untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ditemukan agar sistem akuntansi pembelian dan pengeluaran kas dapat mendukung pengendalian intern yaitu adanya pemisahan fungsi pada bagian administrasi terkait fungsi administratif dan fungsi pembelian persediaan sepeda motor. Dengan menambah bagian pembelian yang bertugas khusus untuk melakukan pembelian persediaan sepeda motor kepada main dealer. Melibatkan kepala showroom sebagai fungsi periksa internal terhadap transaksi-transaksi pengeluaran kas. Menambah bagian keuangan untuk membuat laporan keuangan yang selama ini dilakukan oleh bagian administrasi, agar terjadi pemisahan fungsi antara pembuat dokumen pembelian dan pengeluaran kas dengan fungsi pemeriksaan keuangan dan pembuat laporan keuangan.

English Abstract

The use of accounting system is important in the company. So by implementing an accounting system then the activities of the company will be better organized. One of the systems owned by the company is the system of purchase and expenditure of cash, especially on trading companies that implement the system of purchase and cash out. The process of purchasing and disbursing cash is the most important factor in the procurement of goods. The purpose of using the system of procedures for purchase and expenditure of cash properly so that corporate activities can run effectively and get maximum results, as well as on the system of purchasing and expenditure of cash is also required a good internal control. This study aims to determine the system of purchase and cash outlays applied to the related companies and to find out whether the two systems have been supported with adequate internal control. This research was conducted at PT. Putra Sentosa Mandiri Kediri, the type of research used is descriptive research with qualitative approach. Data obtained through primary and secondary data and collection techniques used are interviews and documentation. The results of this study indicate that the accounting system purchases and cash outlays applied to PT. Putra Sentosa Mandiri is good enough to support the internal control of the company, but there are still some weaknesses that the function of purchasing and accounting functions are still done by the administration, as well as on the application of cash accounting system cash expenditures still need to be repaired because it only involves the administration as the holder of evidence and the report maker, as well as the checkout cashier. Suggestions that can be given to PT. Putra Sentosa Mandiri to overcome the weaknesses found for accounting system purchases and cash expenditures can support internal control that is the separation of functions on the administration related administrative functions and the function of purchasing supplies of motorcycles. By adding part of the purchases that special duty to make a purchase of motorcycle supplies to the main dealer. Involving showroom heads as an internal check function against cash expenditure transactions. Adding the financial section to make the financial statements that have been done by the administration, in order to occur the separation of functions between document makers purchase and cash outlay with the function of financial audits and financial report makers.makers purchase and cash outlay with the function of financial audits and financial report makers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1206/051901622
Uncontrolled Keywords: Sistem Prosedur, Pembelian Pengeluaran Kas, dan Pengendalian Intern. System Procedure, Purchase Expenditure of Cash, and Internal Control.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:23
Last Modified: 18 Oct 2021 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165348
[thumbnail of Samuel Yudha Kalingga.pdf]
Preview
Text
Samuel Yudha Kalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item