Analisis Kecocokan Karakteristik Tugas Pegawai dan Karakteristik Teknologi Dalam Penerapan Pelayanan e- Registration Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan)

Darmawan, Reza (2018) Analisis Kecocokan Karakteristik Tugas Pegawai dan Karakteristik Teknologi Dalam Penerapan Pelayanan e- Registration Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (Studi Kasus Pada Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi atau sistem elektronik perpajakan tidak mungkin berjalan tanpa adanya kinerja dari pegawai. Kinerja pegawai mempunyai peranan penting bagi instansi untuk mencapai tujuan, pengertian dari kinerja pegawai adalah hasil kinerja yang diperoleh pegawai berdasarkan standar kerja dalam suatu periode tertentu. E-registration merupakan aplikasi sistem yang terhubung dengan SIDJP (Sistem Informasi Direktorat Jenderal Pajak) digunakan untuk mengerjakan tugas dari pegawai pajak melayani kebutuhan perpajakan wajib pajak yaitu Nomor Pokok Wajib Pajak. Nomor Pokok Wajib Pajak dapat diakses dengan datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat atau menggunakan aplikasi online yang ditujukan untuk kemudahan wajib pajak itu sendiri. Pelayanan registrasi NPWP merupakan salah satu tugas dari pegawai pajak, pegawai pajak dalam mengerjakan tugasnya tidak dapat dipisahkan dari teknologi informasi yang digunakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik tugas pegawai pajak, untuk mengetahui karakteristik teknologi informasi yang digunakan serta kecocokan tugas pegawai dan teknologi informasi yang digunakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan sesuai dengan model kesukseksan teknologi sistem informasi Goodheu dan Thompson (1995). Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Lokasi penelitian adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan khususnya di Seksi Pelayanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecocokan antara tugas dengan teknologi informasi yang digunakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan disesuaikan dengan teori Task Technology Fit (TTF) Goodheu dan Thompson (1995) sudah baik, pegawai dalam mengerjakan tugasnya telah terintegrasi dengan sistem SIDJP dan aplikasi e-registration tersebut. Kecocokan ini sangat penting untuk dapat tercapainya tujuan pelayanan Nomor Pokok Wajib Pajak serta tujuan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan sendiri, dengan adanya kecocokan tersebut pegawai di seksi pelayanan dapat lebih mudah memproses Nomor Pokok Wajib Pajak yang akan berdampak pada hasil akhir pemprosesan dan kinerja pegawai itu sendiri.

English Abstract

The utilization of information technology or electronic system of taxation it is impossible to walk without the performance of employees. The performance of the employees have an important role for agencies to achieve the goal, understanding of employee performance is a result of the performance of the acquired employees based on standard work within a certain period. E-registration system that application is connected with SIDJP (Directorate General of Taxation information system) are used for the task of tax employees serve the needs of the taxation of mandatory tax Payer Number i.e. taxes. Tax Payer number can be accessed by coming to the nearest Tax Services Office or use an online application that is intended for the convenience of the taxpayer itself. TAX ID registration service is one of the duties of the employee tax, tax officers in doing their job can not be separated from the information technology used in Tax Services Offices South of Malang Pratama. This research aims to know the characteristics of a tax officer, duty to know the characteristics of the used information technology as well as the suitability of tasks employees and information technology that is used in the tax services office the unfortunate Pratama The South in accordance with the model kesukseksan technology information system Goodheu and Thompson (1995). This research using qualitative research with approach case studies (case study). The location of the Tax Services Office of the research was the unfortunate South especially in the Retail Section of the Ministry. Data collection techniques used in this research is a method of interviewing, documentation and library studies. Based on the results of this research it can be concluded that the fit between task with information technology used in Tax Services Offices South of Malang Pratama with customized Task theory Technology Fit (TTF) Goodheu and Thompson (1995) well, in doing its job has been integrated with the system of SIDJP and application of e-registration. This match is very important to be able to achieve the goals of the Ministry the number of principal Taxpayers as well as the purpose of the Tax Services Office of the South himself, Hapless Pratama with the suitability of such employees in the section services can more easily process the Number The tax payer will have an impact on the final results of processing and performance of employees itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1140/051900969
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Tugas, Karakteristik Teknologi, Task Technologi Fit, Kecocokan Karakteristik Tugas-Teknologi Informasi Task Characteristics, Characteristics Of Technology, Technologi Task Fit, Match The Characteristics Of The Task-Information Technology
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2019 03:06
Last Modified: 18 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165341
[thumbnail of Reza Darmawan.pdf]
Preview
Text
Reza Darmawan.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item