Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Beras Organik Di Kota Malang (Studikasus: Konsumen Avia Swalayan Kota Malang)

Sadhewo, Dimas Bagus (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Beras Organik Di Kota Malang (Studikasus: Konsumen Avia Swalayan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi pangan dunia makin memprihatinkan. Naiknya harga kebutuhan pokok ditarik vertikal dengan situasi harga pangan dunia, karena nasi (beras) adalah 60% s/d 70% dari total yang kita makan setiap hari. Jadi nasi (beras) sangatlah berpengaruh bagi kesehatan kita. Pengetahuan masyarakat terhadap manfaat beras organik yang semakin baik ini berpengaruh pada peningkatan permintaan pada beras organik. Gaya hidup sehat atau kembali ke alam (back to nature) telah menjadi tren baru masyarakat. Masyarakat semakin menyadari bahwa penggunaan bahan-bahan kimia tidak alami pupuk kimia, pestisida sintesis serta hormon pertumbuhan dalam produksi pertanian, ternyata dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Penelitian ini berusaha mencari faktor-faktor apa saja mempengaruhi pola perilaku konsumsi beras organik di Kota Malang sehingga reseller beras organik dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen yang beralih pada beras organik, selain itu juga dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap beras organik. Diharapkan juga dapat dijadikan acuan bagi masyarakat Kota Malang bahwa beras organik merupakan produk konsumsi yang sehat dan dapat digunakan sebagai konsumsi sehari-hari. Penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan khususnya bagi reseller beras organik agar mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen yang beralih pada beras organik sehingga faktor tersebut dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap beras organik. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi masyarakat Kota Malang bahwa beras organik merupakan produk konsumsi yang sehat. Dari hasil identifikasi secara deskriptif berdasarkan pertanyaan pada kuisioner responden beras organik memiliki karakteristik yaitu konsumen wanita lebih mendominasi dalam melakukan kegiatan belanja, hal ini dikarenakankegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib bagi konsumen wanita guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dari seluruh responden, konsumen beras organik dengan rentang usia lebih tua mempunyai minat yang lebih besar terhadap beras organik. Selanjutnya, yang lebih dominan adalah konsumen beras organik yang memiliki pendidikan lebih tinggi, dikarenakan penyampaian terhadap informasi beras organik lebih cepat di cerna dan diaplikasikan. Terakhir adalah konsumen beras organik berpendapatan tinggi, hal ini berhubungan dengan harga beras organik yang mahal. Motivasi konsumen memilih beras organik untuk terapi/kesehatan dengan riwayat penyakit yang diderita konsumen, penyakit yang paling mendominasi adalah diabetes. Dari hasil regresi linier berganda dengan menggunakan uji t, uji f dan uji asumsi klasik didapatkan empat faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi konsumsi beras organik. Faktor-faktor ini saling berkaitan satu sama lain. Faktor tersebut meliputi usia responden, pendapatan, jumlah anggota keluarga dan jenis kelamin. Dengan diketahuinya hasil karakteristik responden tersebut maka produsen ataupun reseller dapat melakukan bauran pemasaran seperti promosi beras organik yang dilakukan terhadap konsumen lain yang belum mengonsumsi beras organik agar tertarik untuk mengonsumsi beras organik, promosi yang dilakukan dengan cara memberikan brosur yang memuat beberapa manfaat dan kandungan beras organik. Produsen beras organik hendaknya memberikan produk yang berkualitas baik dan dikemas dengan menarik agar menarik minat konsumen. Produsen ataupun reseller dapat memberikan diskon terhadap pembelian beras organik agar konsumen yang tidak berpendapatan tinggi mempunyai kesempatan untuk mengonsumsi beras organik. Produsen ataupun reseller beras organik hendaknya memiliki lokasi penjualan yang strategis seperti ditengah kota, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui informasi tentang beras organik dan beralih untuk mengonsumsi beras org

English Abstract

World food conditions are increasingly alarming. The increase in the price of basic needs is withdrawn vertically with the world food price situation, because rice (rice) is 60% s / d 70% of the total we eat every day. So rice (rice) is very influential for our health. Community knowledge of the benefits of organic rice is getting better this effect on increasing demand on organic rice. Healthy lifestyle or back to nature has become a new society trend. People are increasingly aware that the use of chemicals not natural chemical fertilizers, synthetic pesticides and growth hormones in agricultural production, it can cause negative effects on human health and the environment. This research is trying to find out what factors influence the pattern of organic rice consumption behavior in Malang City so that organic rice resellers understand the factors that influence consumers switch to organic rice, but it can also to be used as a basic of consideration to know the needs and wants of consumers to rice organic. It is also as reference for the people of Malang City that organic rice is are healthy consumption product and can be used as daily consumption. This research can be a consideration especially for organic rice reseller to know the factors that influence consumer switching to organic rice so that factor can be used as basis of consideration to know consumer need and desire to organic rice. This research is expected to be used as a reference for the people of Malang City that organic rice is a healthy consumption product. From the results of descriptive identification based on questionnaire on the questionnaire of organic rice has characteristics that female consumers dominate more in doing shopping activities, this is because the activity is a mandatory activity for women consumers to meet the needs of daily living. Of all respondents, organic rice consumers with older age ranges had a greater interest in organic rice. Furthermore, the more dominant is the organic rice consumers who have higher education, because the delivery of information on organic rice more quickly digested and applied. Finally, high-income organic rice consumers, this isrelated to the price of expensive organic rice. Consumer motivation to choose organic rice for therapy / health with a history of disease suffered by consumers, the most dominant disease is diabetes. From the result of multiple linear regression using t test, f test and classical assumption test, there are four factors that can influence the frequency of organic rice consumption. These factors are related to each other. These factors include the age of the respondent, the income, the number of family members and the sexes. By knowing the result of respondent characteristic hence producer or reseller can do marketing mix such as promotion of organic rice done to other consumer not yet consuming organic rice to be interested to consume organic rice, promotion done by giving brochure containing some benefits and organic rice content . Organic rice producers should provide good quality products and packaged with interest to attract consumers. Manufacturers or resellers can give discounts on purchasing organic rice so that high-income consumers have the opportunity to consume organic rice. Manufacturers or resellers of organic rice should have a strategic sales location such as in the middle of the city, so that the public can find information about organic rice and switch to organic rice consumption.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/958/051901371
Uncontrolled Keywords: Konsumsi beras organik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.302 Health foods
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:07
Last Modified: 20 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165283
[thumbnail of Dimas Bagus Sadhewo.pdf] Text
Dimas Bagus Sadhewo.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (15kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (7kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item