Analisis Ratio Profitabilitas, Economic Value Added, dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Studi pada Perusahaan di BEI yang Melakukan Merger dan Akuisisi Tahun 2012)

Admaja, Ahmad Karim Indra (2018) Analisis Ratio Profitabilitas, Economic Value Added, dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Studi pada Perusahaan di BEI yang Melakukan Merger dan Akuisisi Tahun 2012). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan dunia bisnis beberapa tahun belakangan tumbuh sangat pesat, semua pelaku bisnis baik besar maupun kecil berusaha saling bersaing agar dapat bertahan. Hal ini memaksa perusahaan untuk terus mencari strategi-strategi baru untuk dapat bersaing dan mempertahankan usaha yang dijalankan. Skala persaingan untuk sekarang ini juga tidak hanya mencakup lingkup nasional saja, hampir semua perusahaan juga berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional. Tingginya tingkat persaingan ini menimbulkan banyak strategi dimunculkan oleh perusahaan mulai dari melakukan inovasi pada produk yang dihasilkan hingga melakukan kerja sama dengan usaha lain. Salah satu strategi yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah merger dan akuisisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan posisi keuangan perusahaan sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui reaksi pasar atas terjadinya merger dan akuisisi. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan jenis data kuantitatif. Data yang digunakan adalah data data sekunder. Data yang digunakan antara lain annual report perusahaan dan data pergerakan harga saham perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan kondisi keuangan yang signifikan antara sebelum dan sesudah proses merger dan akuisisi. Hal ini menunjukkan bahwa alasan perusahaan melakukan merger dan akuisisi tidak selalu terfokus pada peningkatan kondisi keuangan. Untuk dapat meningkatkan kondisi keuangan perusahaan maka perlu adanya peninjauan dalam hal penambahan aktiva perusahaan. Selain itu biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan juga harus diperhatikan kembali, karena nilai biaya yang tinggi juga berakibat pada laba yang dihasilkan perusahaan.

English Abstract

Business competition in the past few years has grown very rapidly, all businesses both large and small try to compete with each other to survive. This forces companies to continue to look for new strategies to be able to compete and maintain the business that is run. The current competition scale does not only cover the national scope, almost all companies also try to meet the needs of the international market. The high level of competition has led to many strategies raised by companies ranging from innovating products produced to cooperating with other businesses. One strategy that is often carried out by companies is mergers and acquisitions. This study aims to determine differences in the financial position of a company before and after mergers and acquisitions. In addition, this study also aims to determine the market reaction to mergers and acquisitions. This research is an explanatory research with quantitative data types. The data used is secondary data. The data used includes the company's annual report and company stock price movements. The results of this study are that there are no significant differences in financial conditions between before and after the merger and acquisition process. This shows that the reasons for companies to do mergers and acquisitions are not always focused on improving financial conditions. To be able to improve the company's financial condition, there is a need for a review in terms of adding company assets. Besides that the costs incurred by the company must also be considered again, because the high cost value also results in the profit generated by the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1009/051811741
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.16 Reorganization and dissolution of enterprises > 658.162 Mergers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Oct 2019 04:19
Last Modified: 18 Oct 2021 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165260
[thumbnail of Ahmad Karim Indra Admaja.pdf]
Preview
Text
Ahmad Karim Indra Admaja.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item