Pengelolaan Sumberdaya ikan pelagis Besar Berkelanjutan diLaut Selatan Jawa Timur

Istiqomah, Lailatul (2018) Pengelolaan Sumberdaya ikan pelagis Besar Berkelanjutan diLaut Selatan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumberdaya perikanan ikan pelagis merupakan salah satu bagian potensi perikanan terpenting yang ada di perairan Indonesia. Perikanan pelagis juga merupakan salah satu bahan konsumsi yang dimanfaatkan penduduk Indonesia. Maka dari itu, perlu adanya upaya menjaga kelestarian agar dapat dimanfaatkan dengan balk untuk generasi-generasi berikutnya. Pemanfaatan ikan pelagis yang baik untuk menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi, sangat dibutuhkan untuk menunjang pengelolaan sumberdaya laut yang ada di Indonesia. Jawa Timur adalah salah satu propinsi yang memiliki potensi sumberdaya perikanan laut yang terdiri dari ikan pelagis dan ikan demersal. Wilayah pengelolaan perikanan laut di Jawa Timur bagian selatan memiliki potensi yang sangat besar. Untuk mengetahui informasi tentang potensi dan tingkat pemanfaatan perikanan laut di Jatim perlu dianalisis data yang ada, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan sektor perikanan laut kedepannya dengan memperhatikan kelestarian sumberdayanya. Tujuan penelitian adalah mengetahui potensi dan tingkat pemanfaatan ikan di wilayah Selatan Jatim. Data sumberdaya ikan pelagis besar di Perairan Selatan Jawa Timur, mulai dari tahun 2007 hingga 2017 yang diperoleh dari Dinas Perikanan Jawa Timur. Datayang digunakan merupakan data produksi ikan pelagis besar dalam satuan ton, jumlah alat tangkap dalam satuan unit, hasil tangkapan per unit (CPUE). Pengelolaan data an diperoleh menggunakan alat bantu komputer dengan microsof excel) dan microsoft word. Metode pengambilan data di penelitian ini adalah metode deskriptif, dimana penelitian deskriptif memusatkan perhatian pada pemecahan masalah,sedangkan analisis yang digunakan adalah menggunakan metode surplus produksi yaitu metode schaefer,metode fox dan metode whalter hilborn.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/678/051806856
Uncontrolled Keywords: -Sumberdaya perikanan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:46
Last Modified: 16 Mar 2022 07:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165227
[thumbnail of Lailatul Istiqomah.pdf]
Preview
Text
Lailatul Istiqomah.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item