Pengembangan Desain Kapal Wisata Dengan Penggerak Mesin Sepeda Motor

Efendi, Ahmad Babur Royan (2018) Pengembangan Desain Kapal Wisata Dengan Penggerak Mesin Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

lndustri pariwisata merupakan salah satu sarana yang tepat dalam meningkatkan kemajuan ekonomi masyarakat baik lokal maupun global. Salah satu jenis wisata yang berkembang di Indonesia adalah jenis wisata bahari. Salah satu sarana untuk menunjang kegiatan-kegiatan wisata bahari adalah kapal wisata. Namun yang ada di hampir semua kawasan wisata di Indonesia adalah menggunakan kapal ikan sekaligus sebagai kapal wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan desain kapal kecil yang dibutuhkan untuk wisata bahari, mengetahui nilai parameter hidrostatis kapal yang telah didesain, mengetahui stabilitas kapal yang telah didesain, mengetahui tahanan kapal dan mesin yang dibutuhkan untuk kapal kecil wisata dan menganalisa hasil uji coba kapal setelah diproduksi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juni sampai September 2018 di Laboratorimu Teknologi Penangkapan lkan, Fakultas Perikanan dan llmu Kelautan Universitas Brawijaya dan di Galangan Perahu Desa Kandangsemangkon, paciran, Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kapal pembanding, Eksperimen dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, partisipasi langsung dan dari studi pustaka. Kapal di desain dengan bentuk lambung semi katamaran untuk memuat 4 orang dengan kecepatan 5 knot. Kapal yang di desain memiliki LOA 4,3 m, Bmax 1,5 m, Hmax 0,75 m, tinggi dek 0,2 m, dan sarat 0,3 m. Nilai parameter hidrostatis kapal antara lain: Displacement 0, 7809 t; Draft Amidship 0,3 m; LWL 3, 744 m; Gp 0, 7, dan Cb 0,47. Hasil perhitungan stabilitas kapal pada semua kondisi (loadcase), stabilitas kapal telah memenuhi semua kriteria dari ketentuan keselamatan kapal yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) Code A.749(18) Ch3 - Design criteria applicable to all ships. Pada semua kondisi (loadcase) titik hilang stabilitas kapal ketika kapal oleng diantara sudut 90° sampai dengan 102° dan nilai MaxGZ tertinggi yaitu 0,306 m terdapat pada kondisi (loadcase) 1 pada sudut 48,2°. Pada kecepatan maksimal 5 knot, kapal mendapatkan tahanan sebesar 0,2 kN dan daya yang dibutuhkan adalah 1,25 kW dan mesin yang digunakan adalah mesin motor roda tiga dengan daya maksimum 11,4 kW karena mempunyai gearbox sehingga kapal bisa bergerak maju dan mundur. Hasil uji coba kapal menunjukkan bahwa dengan penggerak mesin motor roda tiga dengan daya mesin 11,4 kW, kapal dapat melaju dengan kecepatan maksimal 5 knot. Pada uji stabilitas dengan 4 kondisi, stabilitas kapal menunjukkan tingkat kestabilan yang bagus.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/915/051811914
Uncontrolled Keywords: Kapal Wisata, Desain, lndustri pariwisata
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 623 Military and nautical engineering > 623.8 Nautical engineering and seamanship > 623.82 Nautical craft
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:42
Last Modified: 18 Jun 2019 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165226
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item