Analisis Pemasaran Produk Pertanian Secara Online Dan Konvensional (Studi Kasus Di Toko Online Agrowing)

Putra, Martin Priyono (2018) Analisis Pemasaran Produk Pertanian Secara Online Dan Konvensional (Studi Kasus Di Toko Online Agrowing). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan generasi saat ini ditandai dengan peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Perkembangan generasi saat ini memicu penggunaan media online setiap hari oleh berbagai kalangan. Media online merupakan salah satu media penjualan atau pemasaran dalam berbagai produk. Salah satu produk yang dijual melalui media online adalah produk pertanian. Toko Online Agrowing merupakan salah satu website di Indonesia yang bergerak di bidang penjualan online atau toko online di bidang agribisnis. Toko Online Agrowing merupakan e-commerce agribisnis Indonesia. Toko Online Agrowing menyediakan berbagai produk untuk keperluan rumah tangga serta bisnis. Toko Online Agrowing menyediakan produk segar berkualitas yang sudah melalui tahap verifikasi. Beragam produk inovasi agribisnis juga disediakan oleh Toko Online Agrowing. Tujuan dari Toko Online Agrowing adalah membantu memutus rantai panjang distribusi produk dari petani ke konsumen. Konsumen hanya perlu berduduk santai dan berbelanja dengan melakukan satu klik saja. Tujuan dari penelitian ini antara lain menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional Toko Online Agrowing, mendeskripsikan jenis produk yang dipasarkan oleh Toko Online Agrowing, dan menganalisis pemasaran dan produk pilihan secara online dan konvensional Toko Online Agrowing. Metode analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif dan koefisien variasi. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional, mendeskripsikan jenis produk yang dipasarkan, dan menganalisis pemasaran dan produk pilihan secara online dan konvensional Toko Online Agrowing. Koefisien variasi digunakan untuk menganalisis trend perkembangan transaksi online dan konvensional Toko Online Agrowing dilihat dari jumlah pengunjung, jumlah konsumen, dan volume transaksi. Hasil penelitian antara lain Toko Online Agrowing mempunyai nilai dari koefisien variasi trend perkembangan transaksi online dilihat dari pengunjung sebesar 58 %, dilihat dari jumlah konsumen sebesar 72 %, dan dilihat dari volume transaksi sebesar 79 %. Sedangakan nilai dari koefisien variasi trend perkembangan transaksi konvensional dilihat dari jumlah konsumen sebesar 172 % dan dilihat dari volume transaksi sebesar 212 %. Jika dilihat dari nilai koefisien variasi dari keduanya, dapat disimpulkan bahwa trend perkembangan transaksi online lebih baik dibandingkan dengan trend perkembangan transaksi konvensional. Hal ini dikarenakan Toko Online Agrowing lebih mengutamakan pemasaran online dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Hal ini berkaitan dengan tujuan utama dari Toko Online Agrowing, yaitu memasarkan produk pertanian secara online. Toko Online Agrowing melakukan penjualan pada 3 jenis produk utama, antara lain produk unggulan Indonesia, produkinovasi, dan produk edukasi. Toko Online Agrowing memasang harga yang bervariasi berdasarkan jenis produknya. Beberapa produk memiliki harga yang sering berubah, seperti pada produk buah-buahan dan sayuran. Toko Online Agrowing mempunyai 2 cara pemasaran produk yaitu pemasaran online dan konvensional. Pemasaran online menggunakan website agrowing.co.id, sedangkan pemasaran konvensional menggunakan 2 strategi pemasaran yaitu pertama dengan pre order dan kedua dengan promosi. Strategi promosi dilakukan dengan 2 cara yaitu promosi langsung kepada calon konsumen dan mengikuti bazar pertanian. Selanjutnya, untuk produk pilihan konsumen pada pemasaran online adalah makanan dan minuman. Sedangkan untuk produk pilihan konsumen pada pemasaran konvensional melalui pree order adalah hewan kurban dan untuk promosi adalah bera

English Abstract

The current generation of development characterized by the increased use of and familiarity with communications, media, and digital technology. The development of the current generation of triggering the use of online media daily by various circles. Online media is one of the sales or marketing media in a variety of products. One of the products sold through the online media are agricultural products. Agrowing Online store is one of the websites in Indonesia who are engaged in the online sales or online stores in the field of agribusiness. Agrowing Online Store e-commerce is agribusiness Indonesia. Agrowing Online store provides a variety of products for household use as well as business. Agrowing Online Store providing quality fresh produce who've gone through the verification stage. Various agribusiness innovations products are provided by Agrowing Online Stores. The purpose of the Agrowing Online Shop is help break the long chain of distribution of the products from the farmers to the consumers. Consumers just need to sit relaxed and shopping with doing one click only. The purpose of this research is to analyze the trend of development of online and conventional transactions Agrowing Online store, describe the types of products sold by Agrowing Online Stores, and analyze marketing and product options are online and conventional Agrowing Online store. Methods of analysis used, among others, a descriptive analysis and coefficients of variation. A descriptive analysis was used to analyze the trend of the development of conventional and online transactions, describe the types of products being marketed, and analyze marketing and product selections online and conventional Agrowing Online store. The coefficient of variation is used to analyze the trend of development of online and conventional transactions Agrowing Online store as seen from the number of visitors, the number of consumers, and the volume of transactions. Research results among other things Agrowing Online Store has the value of the coefficient of variation of the development trend of online transactions is seen from the visitors amounted to 58%, judging from the number of consumers of 72%, and judging from the volume of transactions amounted to 79%. While the value of the coefficient of variation of the development trend of conventional transactions as seen from the number of consumers of 172% and viewed from a transaction volume of 212%. If viewed from the value of the coefficient of variation of the two, it can be concluded that the development trend of online transactions is better compared to the development trend of conventional transactions. This is because Agrowing Online Stores prefer online marketing compared to conventional marketing. This is related to the primary purpose of Agrowing Online Store, that market agricultural products online. Agrowing Online Store sells 3 kinds of main products, among other excellent products of Indonesia, product innovation, and educational products. Agrowing Online Storeput up prices vary based on the type of product. Some products have a variable price, as in the fruit and vegetable products. Agrowing Online Store has 2 ways of marketing the product i.e. conventional and online marketing. Online marketing using website agrowing.co.id, while conventional marketing has 2 marketing strategy: first with the pre order and the second with the promotion. Promotion strategies is done in two ways, namely direct promotion to prospective consumers and follow the bazar of agriculture. Furthermore, for consumer choice in online marketing is food and drink. As for the product selection consumers on conventional marketing through pree order is the sacrificial animals and for promotion is rice

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/968/051901381
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Produk, Media Penjualan, Media Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 May 2019 02:42
Last Modified: 20 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165211
[thumbnail of Martin Priyono Putra.pdf] Text
Martin Priyono Putra.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (6kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (2kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item