Pengaruh Pemberian Probiotik Komersil Terhadap Aktifitas Enzim Pencernaan Pada Usus Ikan Koi (Cyprinus Carpio)

Amrullah, Ammar Haqi (2018) Pengaruh Pemberian Probiotik Komersil Terhadap Aktifitas Enzim Pencernaan Pada Usus Ikan Koi (Cyprinus Carpio). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan hias merupakan salah satu bisnis sektor perikanan yang mempunyai potensi besar, salah satunya adalah ikan koi (C. carpio). Salah satu upaya untuk meningkatkan produksi adalah dengan pemberian probiotik pada pakan. pemberian probiotik perlu dilakukan karena untuk meningkatkan pertumbuhannya. Bakteri probiotik menghasilkan enzim yang mampu mengurai senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana sehingga dapat meningkatkan aktifitas enzim. Pada penelitian ini bahan yang digunakan adalah probiotik komersial. Penelitian mengenai pemberian probiotik terhadap pakan dengan dosis berbeda terhadap aktivitas enzim ikan koi (C. carpio) perlu dilakukan karena pemberian probiotik dapat mempengaruhi aktivitas enzim ikan koi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan dan persentase terbaik dari probiotik komersil dalam pakan terhadap aktifitas enzim pencernaan ikan koi (C. carpio). Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari–Juni 2017 di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Ikan, dan Laboratorium Kimia Ikan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Rancangan dengan tiga perlakuan dan satu kontrol serta tiga kali ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu pemberian probiotik komersial 0 ml/kg pakan 10 ml/kg pakan, 20 ml/kg pakan dan 30 ml/kg pakan. Ikan koi dipelihara selama 30 hari. Parameter utama yang diukur adalah aktifitas enzim protease, lipase dan amilase. Parameter penunjang yang diukur adalah suhu, DO dan pH Hasil uji pemberian probiotik pada pakan dengan dosis berbeda terhadap aktifitas enzim ikan koi (C. carpio) didapatkan hasil yang berbeda sangat nyata (highly significant) pada aktifitas amilase, sedangkan pada aktifitas lipase dan protease didapatkan pengaruh tidak berbeda nyata (not significant). Pemberian probiotik pada pakan dengan dosis berbeda terhadap aktifitas enzim ikan koi (C. carpio) memberikan aktivitas enzim amilase terbaik pada perlakuan C (30 ml/kg pakan probiotik komersil). Hal tersebut dilihat dari nilai aktifitas amilase yang berbeda sangat nyata (highly significant) dan sudah berada pada titik optimum. Nilai aktivitas amilase tertinggi didapat pada perlakuan C (870,91 μmol glukosa/g menit). Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pemberian probiotik komersial dalam pakan ikan koi hanya memberikan pengaruh nyata terhadap aktifitas enzim amilase dengan dosis 30 ml/Kg pakan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/897/051811681
Uncontrolled Keywords: Budidaya Ikan Koi, Cyprinus carpio, Probiotik, Pakan, Pencernaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.374 83 Culture of specific kinds of fishes (Cyprinus carpio (Common carp))
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Jun 2019 07:49
Last Modified: 16 Mar 2022 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165183
[thumbnail of Ammar Haqi Amrullah.pdf]
Preview
Text
Ammar Haqi Amrullah.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item